Harga PlayStation 5 : Spesifikasi & Fitur Terbaru

Advertisement

Harga PlayStation 5 – Setiap generasi PlayStation selalu ditunggu para pecinta game di seluruh dunia. Nah pada tahun 2020, Sony akan meluncurkan PS5 sebagai penerus PS4 yang pertama kali dirilis pada tahun 2013. Spesifikasi dan fitur yang dibawanya jauh lebih canggih, sehingga menawarkan pengalaman bermain game lebih mengasyikan dibandingkan PlayStation 4.

Spesifikasi PlayStation 5 didukung CPU dan GPU buatan AMD yang dijamin jauh lebih bertanaga dibandingkan AMD Jaguar yang sebelumnya digunakan PS4. Yang pasti konsol game ini akan menjadi perangkat gaming tercanggih ditahun 2020. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah harga PlayStation 5 saat dirilis resmi ?

Berapa Harga PlayStation 5 ?

Spesifikasi dan Harga PlayStation 5Kami yakin pecinta game diseluruh dunia sudah tak sabar menantikan kehadiran Playstation 5. Terlebih perangkat ini akan mendukung game dengan kualitas grafis lebih realistis. Spesifikasi PS5 memang jauh meningkat, jadi jangan heran apabila kualitas grafisnya jauh lebih baik dibanding PS4.

Advertisement

Saat dirilis resmi, kemungkinan besar harga PlayStation 5 tidak akan berbeda jauh dengan PlayStation 4. Itu artinya harga PS5 akan berkisar di antara Rp. 5-6 Jutaan. Namun bisa saja harganya jauh lebih mahal, mengingat fitur dan spesifikasi yang dibawanya jauh lebih canggih.

Kami sendiri berharap harga PlayStation 5 tidak berbeda jauh dari PS4. Apabila terlalu mahal, maka bisa dipastikan akan menganggu penjualan konsol game tersebut. Paling tidak Sony membanderolnya dengan harga Rp. 5-6 Jutaan, sehingga pecinta game diseluruh dunia tak ragu membelinya.

Sama halnya dengan PlayStation 4, kemungkinan besar Sony akan meluncurkan PS5 Slim dan PS5 Pro. Harga PlayStation Slim bisa saja lebih murah, namun untuk membuktikannya kita harus menunggu sampai konsol game terbaru ini dirilis secara resmi. Nah sembari menunggu perilisan PS5, mari kita liha terlebih dahulu spesifikasi dan fiturnya.

Advertisement

Spesifikasi PlayStation 5

Spesifikasi PlayStation 5

CPU Teknologi Terbaru

Berdasarkan informasi yang kami lansir dari digitaltrends.com, PlayStation 5 akan ditenagai chipset AMD dengan CPU dan GPU yang mendukung 3D Audio dan Grafis 8K. Lalu ada pula fitur Ray Tracing yang sering kita jumpai pada PC kela atas. Sedangkan untuk processornya akan memakai CPU Octa Core dari AMD dengan chipset berbasis Ryzen.

Processor AMD Ryzen memang sangat bertenaga dan cocok sebagai dapur pacu PlayStation 5. Terlebih processor tersebut telah mendukung Zen 2 Microarchitectures yang merupakan teknologi AMD dalam mengembangkan chipset yang bertenaga, namun tetap hemat daya. Kemudian untuk kartu grafisna memakai GPU Radeon Navi.

Kabar lain juga menyebutkan bahwa Playstation 5 akan menggunakan AMD Oberon APU yang mengombinasikan CPU dan GPU berkecepatan 2 Ghz. Itu artinya performa PS5 akan dua kali lipat lebih bertenaga dibandingkan PS4 Pro yang sebelumnya memakai CPU Octa Core 2.1 Ghz AMD Jaguar.

Memakai SSD

Apabila sebelumnya PS4 memiliki waktu booting sekitar 15 detik, maka nantinya waktu booting PlayStation 5 hanya 0.8 detik. Kemampuan ini tak lepas dari pemakaian SSD yang menjadikan waktu booting jauh lebih cepat dibandingkan PS4 yang masih memakai hardisk biasa.

Dengan waktu loading super cepat, tentu pengguna PS5 bisa langsung bermain game favorit yang tersimpan didalam SSD maupun masih dalam bentuk kaset. Sayangnya belum ada informasi mengenai kapasitas SSD yang digunakan PS5, namun kemungkinan besar kapasitasnya tak sebesar yang dimiliki PS4 yang menggunakan hardisk 500GB, 1TB, dan 2TB.

Mendukung Resolusi 8K

Yang tak kalah gila, PlayStation 5 akan mendukung konten beresolui 8K, baik itu game ataupun video. Saat ini TV 8K memang masih sangat mahal dan jarang dijumpai dipasaran. Namun dengan hadirnya PS5, tentu akan semaking meningkatkan perkembangan TV 8K sehingga harganya menjadi lebih murah.

Para developer game diseluruh dunia pasti akan ikut mengembangkan game 8K, mengikuti spesifikasi yang dimiliki PS5. Alhasil kita bisa menikmati kualitas game jauh lebih baik dibandingkan game yang biasanya kita mainkan pada PS4 atauun PS4 Pro. Terlebih PS4 standar hanya mendukung game Full HD dan PS4 Pro mendukung game 4K.

Mendukung PlayStation VR

Ekosistem yang dikembangkan Sony adalah mendukung konsol game miliknya memang tak perlu diragukan lagi. Sony selalu menawarkan pengalaman bermain game next-level yang memanjakan pecinta game diseluruh dunia. Sebagai buktinya adalah PlayStaton VR, PlayStation Camera, dan PlayStation Move.

Semua ekosistem yang sudah dimiliki PS4 tersebut akan bisa digunakan pada PS5. Tentu Sony akan meningkatkan kualitasnya, sehingga pengalaman bermain game bisa lebih menyenangkan. Terlebih konsol game ini mendukung resolusi 8K yang menjadikan konten VR akan terlihat lebih realistis.

Kontroler Baru Dengan Haptic FeedBack

Selama ini Joystick atau kontroler yang dimiliki PlayStation 4 sudah sangat baik. Kontroler tersebut sagat nyaman digunakan, karena sudah menggunakan sistem Wireless dan mendukung beragam fitur seperti Touchpad, light bar, serta motion detection yang memanfaatkan sensor 3-axis gyroscope dan 3-axis accelerometer. Lalu ada pula dukungan sensor getar.

Nah yang akan menjadi pembeda antara kontroler PS4 dan PS5 adalah dilengkapi Haptic FeedBack. Fitur tersebut akan menggantikan sensor getar tradisional yang sebelumnya digunakan joystick PS4. Hadirnya Haptic FeedBack akan menghasilkan getar yang lebih responsif dan sensitif yang bisa disesuaikan dengan kondisi game.

Sony juga menghadirkan fitur Triger Adaptif yang bisa diprogram sesuai tingkat ketegangan game. Alhasil setiap game bisa memiliki tingkat getaran berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan tingkat ketegangan game.

Mendukung Ray Tracing

Apa itu Ray Tracing? Ray Tracing adalah kemampuan untuk menjalankan visual dan efek dengan janguan yang luas, sehingga grafis bisa dirender sangat cepat dan tanpa jeda. Teknologi Ray Tracing biasanya dijumpai pada kartu grafis kela atas untuk memaksimalkan pengalaman visual dalam menjalankan game open world.

Pada dasarnya teknologi Ray Tracing akan menghasilkan kualitas visual yang lebih natural dan lebih imersif dibadingkan grafis biasa. Pencahayaan yang ditampilan setiap game juga semakin kuat, sehingga semakin memanjakan mata saat bermain game open world ataupun beragam genre game lainnya.

Bisa Menjalankan Game PS1-PS4

Inilah salah satu fitur yang sangat dinantikan pecinta game di seluruh dunia. Pasalnya PlayStation 5 akan bisa menjalankan Game Legacy mulai dari PlayStation 1 hingga PlayStation 5. Mungkin nantinya game legacy yang didukung hanya sebatas game yang dibeli melalui PS Store atau tidak berbasis Disk.

Kapan PS5 Dirilis Resmi ?

Harga PS5Sebenarnya masih terlalu dini apabila kita berbicara mengenai harga PlayStation 5. Konsol game ini baru akan dirilis pada tahun 2020. Kemungkinan besar Sony akan memperkenalkannya pada bulan November 2020, sama seperti peluncuran PS4 pada tahun 2013 dan PS3 pada tahun 2006.

Sony sudah sangat berpengalaman dalam membuat konsol game. Perusahaan asal Jepang tersebut pertama kali merilis PlayStation generasi pertama pada tanggal 3 Desember 1994. Itu artinya sudah lebih dari 20 tahun Sony berkecimpung dalam dunia konsol game. Dalam waktu selama itu, Sony terus mengembangkan perangkatnya hingga sampai pada PlayStation 5 di tahun 2020.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Aplikasi Kamera iPhone TerbaikCara Top Up Call of Duty Mobile 
Instagram Dark ModeAplikasi Pemutar Musik

Sekarang kita tinggal menunggu PS5 dirilis secara resmi. Semoga saja harga PlayStation 5 tidak terlalu mahal sehingga kita semua bisa mencicipi kemampuan konsol game masa depan yang dimiliki PS5. Nah cukup sekian informasi ponseli.com mengenai spesifikasi dan harga PlayStation 5, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement