Cara Turun Kelas BPJS Online 2019 : Syarat & Prosedur Pindah Kelas

Advertisement

Cara Turun Kelas BPJS Online – Pemerintah sudah memutuskan untuk menaikan tarif iuran BPJS Kesehatan hingga 100%. Dengan kenaikan 100%, maka kita harus membayar biaya iuran BPJS dua kali lipat lebih banyak. Alhasil keputusan ini membuat banyak orang kecewa, sehingga banyak orang yang ingin turun kelas agar biayanya lebih murah.

Kenaikan tarif BPJS hanya berlaku untuk Peserta Bukan Penerima Upah atau peserta mandiri BPJS Kesehatan. Kami sendiri cukup kecewa akan keputusan tersebut. Pasalnya pelayanan BPJS Kesehatan sering kali tak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Lagi pula uang yang kita bayar tidak bisa dikembalikan, karena bersifat sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Apakah BPJS Bisa Pindah Kelas?

Cara Pindah Kelas BPJSTurun kelas menjadi jalan satu-satunya agar biaya iuran BPJS tetap tejrangkau. Bagi yang selama ini menjadi perserta BPJS kelas 1, maka bisa turun ke kelas 2 atau bahkan kelas 3. Sedangkan untuk yang kelas 2 bisa turun ke kelas 3.

Advertisement

Mungkin sobat bertanya-tanya, apakah pihak BPJS Kesehatan memperbolehkan kita turun kelas? Sobat tak perlu khawatir, karena semua peserta BPJS berhak untuk turun kelas apabila keberatan dengan kenaikan tarif BPJS yang kabarnya akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2019.

Kita bisa memilih kelas yang lebih murah, sesuai dengan kemampuan finansial dalam membayar biaya iuran. Namun apabila kita turun kelas, maka kualitas layanana kesehatan yang didapatkan juga menurun. Pasalnya apabila ingin perawatan yang lebih bagus, maka kita harus membayar kelas yang lebih tinggi.

Daftar Kenaikan Tarif BPJS

Daftar Kenaikan Tarif BPJSSebenarnya kenaikan tarif BPJS sudah beberapa kali dilakukan pemerintah. Namun keputusan untuk menaikan tarif BPJS Kesehatan hingga 100% dianggap membebani sebagian besar masyarakat Indonesia yang kondisinya sedang sulit.

Advertisement

Seharusnya pemerintah hanya menaikan tarif BPJS untuk kelas tertentu saja, karena tak semua orang Indonesia memiliki kemampuan finansial yang sama. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui berapa besar kenaikan tarif BPJS Kesehatan, silahkan simak di bawah ini.

KELAS SEBELUM KENAIKANSESUDAH KENAIKAN
Kelas 1Rp. 80.000Rp. 160.000
Kelas 2Rp. 51.000Rp. 110.000
Kelas 3Rp. 25.500Rp. 42.000

Meskipun tak semua kelas naik 100% atau 2x lipat, namun tetap saja sangat membebani masyarakat Indonesia. Menurut informasi yang kami dapatkan, kenaikan tarif BPJS kelas 1 dan kelas 2 akan mulai berlaku mulai tanggal 1 Januari 2020.

Sedangkan kenaikan tarif untuk kelas 3 masih ditunda setelah mendapatkan penolahan dari Komisi IX dan XI DPR yang menganggap bahwa kenaikan kelas 3 akan membebani masyarakat bawah yang sebagian besar bergantung terhadap BPJS Kelas 3 dalam berobat ataupun rawat inap.

Cara Turun Kelas BPJS Online

Cara Turun Kelas BPJS OnlineYang menjadi inti dari artikel ini adalah bagimana cara turung kelas BPJS, apakah bisa online atau tidak? Sekarang kita bisa turun kelas BPJS secara online dengan cara menggunakan aplikasi mobile JKN BPJS yang bisa kalian download di bawah ini.

Mobile JKN
Mobile JKN
Developer: BPJS Kesehatan
Price: Free

‘Setelah mendownload aplikasi tersebut, sobat harus terlebih dahulu mendaftar akun aplikasi Mobile JKN BPJS. Cara mendaftarnya juga cukup gampang, karena tinggal memasukan Nomor Kartu BPJS, Nomor KTP/NIK, dan beragam informasi lainnya.

Setelah mendaftar, kemudian tinggal login dan masuk ke menu “Ubah Data Peserta“. Silahkan ikuti setiap perintah yang muncul pada aplikasi JKN Mobile. Namun sebelum mencoba cara turun kelas BPJS Online, sobat harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan turun kelas yang kami sampaikan di bawah ini

Syarat Turun Kelas BPJS Online

Adapun syarat turun kelas BPJS adalah sebagai berikut

  1. BPJS harus terdaftar minimal 1 tahun pada kelas iuran
  2. Perubahan status kelas akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar
  3. Status BPJS harus aktif dan tidak ada tunggakan iuran
  4. Apabila melalukan perpindahan kelas pada bulan berjalan, maka perubahan baru akan berlaku pada bulan selanjutnya

Setelah mengetahui syarat turun kelas BPJS, maka sobat tinggal mengikuti cara turun kelas BPJS Online yang kami sampaikan di atas. Namun apabila cara online tidak berhasil, maka sobat bisa mencoba pidah kelas secara langsung di kantor BPJS terdekat. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

Cara Pindah Kelas BPJS Offline

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan OnlineBagi yang bingung mengikuti cara turun kelas BPJS Online di atas, kami sarankan untuk langsung mencoba mengurusi perpindahan kelas di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Sebelum datang ke kantor BPJS, kita harus terlebih dahulu membawa syarat-syarat yang dibutuhkan. Kita juga wajib terlebih dahulu melunasi tunggakan sebelum pindah kelas. Kemudian tinggal mengikuti setiap langkah yang kami berikan di bawah ini.

  1. Membawa kartu JKN, KIS, atau BPJS
  2. Membawa KTP
  3. Membawa Kartu Keluarga
  4. Membawa Buku Tabungan Bank Mandiri, BNI, atau BCA
  5. Semua dokumen di atas harus di fotocopy dan membawa yang asli
  6. Lebih baik membawa bukti pembayaran iuran terakhir, meski sifatnya tidak wajib dan hanya untuk berjaga-jaga
  7. Kemudian mengisi formulir perubahan data kepersetaan yang disediakan petugas
  8. Isi semua formulir tersebut, kemudian serahkan ke petugas untuk melakukan proses perpindahan kelas

Silahkan sobat menyiapkan semua syarat di atas dan mengikuti setiap prosedur pindah kelas di masing-masing kantor BPJS.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Menghilangkan Iklan XiaomiCara TM Simpati
Cara Cek IMEI Android SamsungCara Cek Layar Samsung

Yah, cara turun kelas BPJS Kesehatan memang sangat mudah. Namun cara di atas hanya berlaku untuk peserta BPJS Mandiri. Sekian informasi ponseli.com kali ini, semoga informasi cara turun kelas BPJS Online dan Offline di atas bermanfaat dan bisa solusi terkait kenaikan tarif BPJS.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Advertisement