Cara Registrasi Kartu 3 2019 Lewat SMS, Telepon & Online

Advertisement

Cara Registrasi Kartu 3 2019 – Saat ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan semua pengguna layanan seluler untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan seluler pada masing-masing operator. Peraturan tersebut berlaku untuk semua operator seluler, tak terkecuali Tri (3).

Sebelum adanya peraturan di atas, sebenarnya setiap operator seluler sudah mewajibkan registrasi pada semua kartu sim. Namun sebelumnya proses registrasi bisa dilakukan secara asal-asalan, sehingga banyak sekali kasus penipuan yang menggunakan layanan SMS ataupun Telepon. Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya Kominfo memutuskan untuk memperketat registrasi kartu SIM.

Nah sekarang, cara registrasi kartu 3 harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sah. Apabila NIK dan Nomor KK yang dimasukan tidak terdaftar, maka proses registrasi kartu 3 tidak bisa dilakukan. Hal ini berakibat nomor tri tidak bisa digunakan untuk telepon, sms, ataupun mengakses data internet.

Advertisement

Tutorial Cara Registrasi Kartu Tri 2019

Cara Registrasi Kartu 3 Baru

Yang mendasari peraturan registrasi kartu SIM dengan nomor KK dan KTP adalah untuk mengurangi tindak penipuan yang biasanya menggunakan modus SMS maupun telepon. Dengan adanya itu, maka pihak berwajib bisa melacak pemilik nomor telepon berdasarkan nomor Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang dimasukan saat registrasi kartu SIM.

Cara Registrasi Kartu 3 2019 juga sangat mudah. Sobat bisa melakukan registrasi secara online maupun lewat SMS. Prosesnya hanya butuh waktu beberapa menit saja, dan sobat bisa langsung menggunakan nomor 3 yang baru untuk menikmati layanan internet, sms, ataupun telepon. Nah bagi yang belum mengetahui cara registrasi kartu 3, silahkan simak di bawah ini.

Advertisement

1. Cara Registrasi Kartu 3 Lewat SMS

Cara Registrasi Kartu 3 Lewat SMSCara termudah untuk registrasi kartu 3 adalah dengan SMS. Untuk melakukannya, sobat cukup mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK. Untuk mengetahui NIK yang sobat miliki, sobat bisa melihatnya dari KTP atau Kartu Keluarga. Owh yah, pastikan pula NIK yang tertera pada KTP sama dengan Kartu Keluarga. Setelah itu tinggal mengirim SMS ke 4444 sesuai format di atas.

Bagi yang masih bingung cara registrasi kartu 3 lewat SMS, silahkan melihat contoh dibawah ini

Ketik 1234567891011121#5555566666777777 lalu kirim ke 4444

Tulisan berwarna merah di atas merupakan Nomor Induk Kependudukan dan yang baru adalah Nomor Kartu Keluarga. Pastikan nomor yang dimasukan sudah benar, dan apabila salah maka proses registrasi kartu 3 akan gagal. Lalu bagaimana dengan cara registrasi ulang kartu 3?, apakah caranya sama ?

Untuk registrasi ulang formatnya sedikit berbeda. Registrasi ulang perlu dilakukan bagi pelanggan aktif atau lama yang belum melakukan registrasi secara benar. Adapun formatnya adalah sebagai berikut ULANG#NIK#nomorKK#. Setelah mengisinkan nomor NIK dan KK, selanjutnya tinggal mengirimkannya ke 4444.

Ketik ULANG#1234567891011121#5555566666777777#lalu kirim ke 4444

Setelah proses registrasi berhasil, maka akan ada SMS balasan yang memberitahkan bahwa proses registrasi sudah berhasil. Namun apabila gagal, maka sobat bisa mencobanya sekali lagi sampai proses registrasi kartu 3 lewat SMS berhasil. Selain itu, sobat bisa mencoba cara lain melalui website resmi tri. Adapun cara registrasi kartu 3 online tersebut, silahkan simak di bawah ini.

2. Cara Registrasi Nomor 3 Online

Cara Registrasi Kartu 3

Untuk mempermudah proses registrasi kartu SIM, Tri menyediakan layanan online melalui website resmi yang mereka miliki. Caranya tentu berbeda dengan cara registrasi 3 lewat SMS. Pasalnya kita membutuhkan koneksi internet untuk melakukan proses registrasi.

Sayangnya layanan ini hanya terbatas untuk pengguna nomor 3 baru. Jadi bagi pengguna nomor lama yang ingin melakukan registrasi ulang harus melalui SMS. Nah bagi yang penasaran bagaimana cara registrasi kartu 3 online, silahkan simak informasi ponseli.com berikut ini.

  1. Cara registrasi kartu 3 online dilakukan melalui situs http://registrasi.tri.co.id.
  2. Setelah mengakses website resmi 3, maka akan muncul dua pilihan menu yang terdiri dari “Registrasi Kartu Prabayar” dan “UnReg“.
  3. Silahkan pilih menu Registrasi Kartu Prabayar dan klik menu tersebut.
  4. Kemudian akan muncul beberapa form registrasi yang terdiri dari nomor 3 yang akan diregistrasi, 16 nomor digit Nomor Induk Kependudukan dan 16 digit nomor kartu Keluarga.
  5. Sobat harus mengisi semua form yang tersedia berdasarkan informasi pada e-KTP dan Kartu Keluarga. Lalu isikan nomor telepon yang akan diregistrasi. Setelah semua terisi, kemudian klik tombol “Minta Kode Rahasia“.
  6. Setelah itu kita akan mendapatkan kode melalui SMS yang harus dimasukan ke form Kode Rahasia. Apabila tak kunjung mendapatkan kode, maka sobat bisa mengklik tombol “Kirim Ulang”
  7. Selain verifikasi mengunakan kode rahasia, kita juga bisa memilih opsi dengan memasukan 4 angka terakhir nomor seri (ICCID). Untuk mengetahui nomor seri tersebut kita bisa melihatnya di belakang kartu SIM.
  8. Kemudian tinggal melakukan proses verifikasi dengan mengklim menu bertuluskan “I’m not a robot” sampai muncul tanda cawang, lalu klim tombol “Kirim“.
  9. Cara registrasi kartu 3 online yang terakhir tinggal menunggu beberapa saat sampai muncul informasi bahwa proses registrasi yang dilakukan sudah berhasil.

Nah demikianlah cara registrasi kartu tri online. Caranya memang sangat mudah, namun kita membutuhkan koneksi internet. Sobat juga bisa melakukan registrasi secara online dari berbagai macam perangkat, baik itu smartphone, laptop, ataupun komputer.

3. Datang Ke Gerai 3 (3Store)

Bagi yang memiliki masalah dalam registrasi kartu tri lewat SMS ataupun online, mungkin cara ini bisa menjadi solusi yang paling tepat. Sobat bisa berkonsultasi ke Customer Service 3 yang tersedia di setiap Gerai 3 di seluruh Indonesia. Owh yah, saat datang ke gerai 3, jangan lupa membawa KTP dan Kartu Keluarga untuk mempermudah proses registrasi.

Soal biaya tak perlu khawatir, karena tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Sobat juga bisa menanyakan terkait layanan dan paket internet 3 sebagai informasi tambahan. Jumlah gerai 3 di Indonesia sudah sangat banyak. Nah bagi yang belum mengetahui lokasinya, maka bisa mengunjungi situs https://tri.co.id/3storelocation.

4. Registrasi Nomor 3 Lewat Telepon

Cara Registrasi Kartu Tri

Cara registrasi kartu tri yang terakhir adalah dengan menghubungi 3Care di nomor 123 dengan biaya Rp. 300/panggilan untuk pengguna kartu 3. Nomor tersebut hanya bisa di akses oleh pengguna 3. Nah bagi yang nomornya belum aktif, maka bisa menghubungi 3Care melalui nomor telepon 0896 44000 123 dengan biaya panggilan normal sesuai tarif masing-masing operator.

Selain itu, sobat bisa menghubungi 3Care melalui email dengan alamat 3Care@three.co.id. Customer Service 3Care akan membantu kita dalam mempermudah proses registrasi. Mungkin sobat bisa memahami cara registrasi kartu tri lewat SMS ataupun Online yang kami sampaikan di atas, jadi lebih baik menelepon langsung Customer Service 3.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Cek Kuota Internet XLCara Cek Kuota Axis
Cara Cek Kuota 3Cara Cek Kuota Internet Telkomsel 

Nah demikianlah informasi seputar dunia telekomunikasi yang kami sampaikan kali ini. Semoga informasi cara registrasi nomor 3 lewat sms, online, dan berbagai cara lainnya bisa membantu sobat dalam mempermudah proses registrasi. Jangan lupa terus kuncungi ponseli.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya setiap hari. Sekian dan terima kasih.

Advertisement