5 Cara Mengetahui Password Wifi Dengan CMD di Komputer & Laptop

Advertisement

Ponseli.com – Sering kali kita lupa dengan password wifi yang pernah terkoneksi. Untuk mengatasi hal tersebut, kami sarankan untuk mencoba cara mengetahui password wifi dengan CMD yang bisa kalian praktekan di komputer maupun laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Bagi yang terbiasa menggunakan Windows pasti tidak asing dengan CMD atau Command Prompt. CMD sendiri merupakan suatu program bawaan Windows yang berfungsi untuk mengeksekusi berbagai perintah teknis, seperti untuk mengatur jaringan, driver partisi, dll.

Dengan CMD kita bisa mengakses berbagai macam fitur tersembunyi pada Windows, dan salah satunya adalah fitur untuk melihat password wifi yang pernah terkoneksi. CMD juga sering digunakan oleh hacker untuk membobol suatu jaringan, namun kali ini kami tidak akan membahas hal tersebut.

Advertisement

Yang kami bahas hanyalah cara mengetahui password wifi dengan CMD yang sebelumnya pernah terkoneksi. Apabila belum terkoneksi, itu namanya membobol. Nah bagi yang sudah penasaran ingin mengetahui cara melihat password wifi dengan CMD di komputer atau laptop, silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Tutorial Cara Mengetahui Password Wifi Dengan CMD

Cara Mengetahui Password Wifi Dengan CMD di Laptop

Program CMD (Command Prompt) tersedia di semua komputer atau laptop yang menggunakan Windows. Semua seri Windows juga memilikinya, seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7, atau bahkan Windows XP. Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengetahui password wifi dengan CMD? Untuk mengetahuinya silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

Advertisement
  1. Membuka Aplikasi CMD

    Agar bisa mengetahui password wifi dengan CMD, kita harus terlebih dahulu membuka program CMD di komputer atau laptop. Caranya sangat mudah. Pertama, kalian hanya perlu klik tombol Start Menu. Lalu ketikan perintah CMD. Kemudian otomatis akan muncul program bernama Command Prompt. Lalu klik program tersebut.Cara Membuka CMD Di Komputer

  2. Melihat Profil Wifi

    Setelah program CMD terbuka, selanjutnya kita tinggal mengetikan perintah untuk mengetahui profil wifi yang nantinya akan kita lihat passwordnya. Dimana kode perintahnya adalah netsh wlan show profiles. Silahkan kalian ketikan kode tersebut pada baris c:\user\nama user>. Kemudian tekan enter.

  3. Memilih Profil Wifi

    Selanjutnya akan muncul profil wifi yang pernah terkoneksi ke komputer atau laptop. Silahkan memilih salah satu profil yang ditampilkan. Sebagai contoh kami akan memilih profil bernama Testwifi. Kemudian ketikan perintah netsh wlan show profiles “nama profil wifi”. Lalu tekan enterMemilih Nama Profil Wifi

  4. Membuka Password Wifi

    Setelah mengetikan perintah di atas, maka akan muncul beragam informasi profil wifi, seperti connectivity settings, security settings, dan cost settings. Namun password wifi masih tersembunyi dan untuk melihatnya kita harus menuliskan perintah netsh wlan show profiles “nama profil wifi”” key=clear. Setelah itu tekan enter.Cara Melihat Password Wifi Dengan CMD

  5. Melihat Password Wifi

    Langkah terakhir tinggal melihat password wifi. Kalian tidak perlu lagi mengetikan perintah khusus, karena password wifi akan langsung ditampilkan. Lokasinya berada pada bagian Key Settings. Password yang ditampilkan merupakan password baru. Namun apabila password telah dirubah oleh pemilik wifi, maka password sudah tidak bisa digunakan lagi.

Yah, kita hanya membutuhkan tiga perintah CMD untuk mengetahui password wifi menggunakan CMD. Kalina hanya perlu mengetikan perintah di atas, dan jangan lupa ganti “nama profil wifi” dengan nama profil yang tampil di laptop atau komputer kalian.

Sayangnya cara di atas hanya menampilkan password wifi yang sudah digunakan sebelumnya. Jadi apabila password wifi sudah diganti, maka password tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan. Alhasil kita harus meminta password yang baru atau membobolnya dengan Aplikasi Pembobol Wifi.

Ada banyak aplikasi pembobol wifi yang bisa digunakan di komputer atau laptop. Namun untuk menggunakan aplikasi tersebut dibutuhkan keahlian khusus dan tidak selamanya berhasil. Sebab keamanan jaringan disetiap router berbeda-beda, jadi wajar apabila ada yang tidak bisa dibobol.

Dari pada susah-susah membobol wifi, kami sarankan untuk meminta password yang baru. Apabila tidak dikasih, maka lebih baik memasang wifi sendiri dirumah. Kalian bisa melihat caranya pada artikel “Cara Pasang WiFi Di Rumah” yang kami sampaikan pada artikel ponseli.com sebelumnya.

Memiliki wifi sendiri dirumah jauh lebih baik dibanding membobol wifi milik orang lain. Namun apabila kalian sudah memilikinya, dan lupa dengan password wifi yang dimiliki, maka bisa mencoba cara mengetahui jaringan wifi dengan CMD yang kami sampaikan di atas.

Cukup sekian informasi ponseli.com kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai tutorial “Cara Mengganti Password Wifi” dan “Cara Top Up ShopeePay“. Masih banyak informasi menarik lainnya yang akan kami sampaikan setiap hari. Jadi jangan lupa untuk selalu mengujungi ponseli.com agar selalu mendapatkan informasi terbaru seputar dunia teknologi dan gadget di Indonesia.

Advertisement