6 Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Advertisement

Cara mengaktifkan opsi pengembang Xiaomi untuk meningkatkan performa smartphone ataupun alasan lainnya sangatlah mudah. Meskipun begitu, banyak pengguna hp Xiaomi yang belum mengetahui caranya. Mungkin kalian sendiri bingung, sebenarnya apa itu Opsi Pengembang?

Opsi Pengembang atau Developer Options adalah serangkain pengaturan lanjutan yang tersembunyi di smartphone Android. Fitur ini tidak hanya tersedia pada smartphone Xiaomi saja, namun juga semua tipe dan merk hp Android seperti Samsung, Oppo, Vivo, Realme, dan masih banyak lagi lainnya.

Fitur Opsi Pengembang sengaja disembunyikan agar pengguna pemula tidak secara sengaja mengaktifkan pengaturan yang bisa membuat kinerja smartphone terganggu. Sebab pada Opsi Pengembang tersedia berbagai macam pengaturan lanjutan yang tidak seharusnya diaktifkan oleh orang awam.

Advertisement

Meskipun disembunyikan, namun kita tetap bisa mengaktifkannya secara mudah. Jangan heran apabila akna menjumpainya banyak fitur tersembunyi ketika mengaktifkan fitur tersebut. Bahkan menurut kami, beberapa fitur seharusnya tidak disembunyikan karena memiliki fungsi yang sangat penting.

Fitur Opsi Pengembang Xiaomi

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi Android

Ada berbagai macam fungsi tersembunyi pada Opsi Pengembang Xiaomi. Fitur tersebut tidak akan bisa kita jumpai secara langsung pada menu pengaturan, karena harus terlebih dahulu mengaktifkan Opsi Pengembang. Nah untuk mengetahui apa saja fitur tersembunyi pada Opsi Pengembang Xiaomi silahkan simak di bawah ini.

1. Pengaturan Kecepatan Animasi

Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Advertisement

Ada satu pengaturan yang menarik di Opsi Pengembang Xiaomi, yakni mengaturan untuk mengubah kecepatan animasi. Dengan fitur ini performa smartphone akan terasa lebih cepat, karena animasi yang membuat smartphone terasa lambat dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Cara mengaturnya cukup mudah, karena kalian hanya perlu mengatur bagian Skala Animasi Jendela, Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animator.

2. Mengaktifkan USB Debugging

Cara Mengaktifkan USB Debuging Xiaomi

Salah satu tujuan mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Options adalah untuk mengaktifkan USB Debugging yang berfungsi untuk melacak bug menggunakan USB sehingga berguna untuk pengembangan aplikasi. Namun setelah fitur ini diaktifkan, maka sistem keamanan yang dibatasi oleh USB Debugging akan terbuka, jadi lebih baik menonaktifkannya apabila tidak dibutuhkan.

3. Menampilkan CPU Usage

CPU Usage Xiaomi

Bagi yang ingin melihat kinerja CPU saat menjalankan aplikasi ataupun game, maka bisa mengaktifkan CPU Usage pada Opsi Pengembang. Dengan fitur ini kita bisa memantau secara langsung bagaimana kinerja CPU karena informasi kinerja CPU akan langsung ditampilkan pada layar secara overlay.

4. Merubah Tampilan Layar Menjadi Monokrom

Ftur Opsi Pengembang Xiaomi

Opsi yang tak kalah menarik adalah untuk merubah tampilan layar menjadi Grayscale atau Hitam Putih. Opsi ini bisa kalian aktifkan dengan memilih menu Simulasikan Ruang Warna, lalu pilih Monokromasi. Setelah itu tampilan layar akan berubah menjadi hitam putih alias monokrom.

5. Mengaktifkan Lokasi GPS Palsu

FakeGPS Xiaomi

Fitur selanjutnya adalah untuk mengaktifkan lokasi GPS Palsu yang nantinya akan terhubung dengan aplikasi Fake GPS yang bisa kalian download di Play Store.

6. Mengaktifkan Pointer (Lokasi Sentuhan)

Menampilkan Pointer Xiaomi

Salah satu fitur yang wajib kalian coba pada Opsi Pengembang adalah fitur untuk menampilkan lokasi sentuhan (Pointer). Cara mengaktifkannya adalah memilih Tampilan Tap, lalu secara otomatis akan muncul pointer saat kita menyentuh layar.

7. Mengaktifkan Rendering GPU

GPU Rendering

Selain mengatur kecepatan animasi, kita juga bisa mencoba meningkatkan kecepatan hp Xiaomi dengan mengaktifkan Rendering GPU 2D pada Opsi Pengembang.

Selain tujuh fungsi tersembunyi di atas, masih banyak fungsi lainnya yang bisa kita eksplor satu persatu dengan mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi. Nah bagi kalian yang belum mengetahui cara mengaktifkan opsi pengembang Xiaomi, silahkan mengikuti setiap langkah berikut ini. 

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Perlu kalian ketahui, bahwa tutorial cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi dibawah ini menggunakan smartphone Xiaomi Mi6 dengan sistem operasi MIUI 10.

  1. Buka Setelan / Settings

    Langkah pertama dalah membuka menu Setelan atau Settings pada handphone Xiaomi kalian. Menu Pengaturan Xiaomi

  2. Pilih Tentang Ponsel

    Setelah masih ke menu Setelan atau Setting, langkah selanjutnya pililah menu Tentang Ponsel

  3. Ketuk Versi MIUI Sebanyak 7 Kali

    Agar menu Opsi Pengembang bisa aktif, kalian perlu mengetik 7 kali pada tulisan versi MIUI sampai keluran notifikasi bahwa opsi pengembang sudah diaktifkan. Cara Aktifkan Developer Options Xiaomi

  4. Masuk Ke Setelan Tambahan

    Kemudian untuk membuka menu Opsi Pengembang, kalian harus terlebih dahulu kembali ke menu Setelan, lalu pilih Setelan TambahanSetelan Tambahan Xiaomi

  5. Scroll Kebawah Cara Opsi Pengembang

    Setela itu, scroll kebawah dan akan muncul menu Opsi Pengembang. Silahkan klik menu tersebut. Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Hp Xiaomi

  6. Opsi Pengembang Aktif

    Kemudian akan muncul beragam fitur tersembunyi pada Opsi PengembangDeveloper Options Xiaomi

Dengan mengikuti cara di atas, maka kalian bisa mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi secara mudah dan cepat. Setelah aktif, kalian tinggal mencoba semua fitur yang ada di Opsi Pengembang. Namun hati-hati saat mencoba fitur tersembunyi yang ada didalamnya, karena apabila salah mengaktifkan suatu fitur, maka bisa berakibat fatal.

Nah cukup sekian informasi ponseli.com pada kesempatan kali ini. Simak pula informasi lainnya mengenai cara menghapus email sekaligus yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya.

Advertisement

Seoarang wanita yang memiliki passion dalam menulis dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar tidak kudet dan selalu uptodate