Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Dan Sudah Mati

Advertisement

Ponseli.com – Coba kalian tebak berapa jumlah pengguna kartu Telkomsel di Indonesia? Apakah 100 Ribu, 1 Juta, 10 Juta, atau bahkan lebih dari 100 Juta”

Menurut data yang dikeluarkan cnbcindonesia.com pada tahun 2019, menyebutkan bahwa jumlah pengguna kartu Telkomsel di Indonesia mencapai 167.7 Juta pengguna. Jumlahnya memang menurut karena pada tahun sebelumnya mencapai 177.9 Juta pengguna.

Meskipun ada penurunan, namun perlu diketahui bahwa Telkomsel merupakan operator seluler dengan pelanggan terbesar di Indonesia. Itu artinya Telkomsel berhasil mengalahkan Indosat, XL, Tri, Axis maupun Smartfren.

Advertisement

Wajar apabila pelanggan Telkomsel di Indonesia sangat banyak. Sebab Telkomsel memiliki jaringan terluas dengan lebih dari 200 Ribu BTS di seluruh Indonesia. Telkomsel juga memiliki banyak sekali produk, seperti Kartu AS, Simpati, Loop dan kartu Halo.

Kartu AS, Simpati dan Loop merupakan kartu prabayar. Sedangkan kartu Halo merupakan kartu pascabayar. Perbedaan keduanya terletak dari sistem pembayaran. Dimana kartu Halo berdasarkan tagihan per bulan. Sedangkan untuk AS, Simpati, dan Loop harus mengisi pulsa terlebih dahulu.

Pengguna kartu Halo tidak sebanyak kartu AS, Simpati dan Loop. Mungkin inilah yang mendasari Telkomsel untuk memaksa pelanggannya migrasi ke kartu Halo ketika kartu yang digunakan hangus atau terblokir.

Advertisement

Apakah Bisa Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir?

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang TerblokirInformasi di atas bisa menjadi jawaban atau pertanyaan, apakah kartu Telkomsel yang hangus bisa diaktifkan kembali?. Pasti banyak yang tidak puas dengan jawaban tersebut. Sebab pelanggan Telkomsel harus migrasi ke kartu pascabayar apabila ingin mengaktifkan kartu yang terblokir.

Telkomsel berhak memblokir setiap kartu yang melewati masa tenggang 30 hari. Hal tersebut berlaku untuk semua kartu prabayar Telkomsel (AS, Simpati & Loop). Masa tenggang yang diberikan sebenarnya cukup lama. Hanya saja Telkomsel tidak memberikan peringatan ketika masa tenggang habis.

Untungnya Telkomsel masih memberikan kesempatan untuk mengaktifkan nomor yang terblokir atau hangus. Lalu bagaimana caranya dan apa saja syarat yang dibutuhkan? Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Syarat dan Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir

Hanya ada satu cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir, yakni dengan datang ke kantor Grapari terdekat. Namun tidak semua kartu yang terblokir bisa diaktifkan kembali. Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir adalah tidak boleh hangus lebih dari 15 hari setelah masa tenggang berakhir. Apabila lebih dari itu, maka kartu akan diblokir secara permanen dan tidak bisa lagi dihidupkan.

Sebelum lewat 15 hari setelah masa tenggang habis kalian wajib datang ke kantor GraPARI terdekat untuk mencoba mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir. Namun sebelum datang ke GraPARI kami sarankan untuk terlebih dahulu menghubungi Call Center Telkomsel.

Silahkan menghubungi nomor 188 atau 0807-1-811-811 (Khusus Pelanggan Selain Telkomsel) untuk bertanya perihal kartu yang diblokir apakah bisa diaktifkan kembali atau tidak. Jika customer service menyatakan tidak bisa, maka jangan harap bisa mengaktifkannya kembali.

Namun apabila ternyata masih bisa, maka tinggal datang ke kantor GraPARI terdekat yang tersedia di setiap kota di seluruh Indonesia. Saat datang ke kantor GraPAR jangan lupa membawa KTP dan kartu Telkomsel yang hangus.

Mungkin akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir. Kami yakin biayanya tidak terlalu mahal. Paling tidak siapkan uang sekitar Rp. 50-100 Ribu Rupiah untuk berjaga-jaga.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah mati dan hangusPerlu diingat bahwa nomor Telkomsel yang sudah mati tidak bisa lagi menggunakan kartu prabayar. Mau tidak mau pelanggan harus migrasi ke kartu pascabayar (Kartu Halo) apabila ingin mengaktifkan nomor yang sudah hangus dan kembali menggunakan nomor tersebut.

Pasti banyak yang ingin berkata kasar. Sebab kartu pascabayar bukanlah pilihan paling tepat bagi sebagian orang. Namun sebenarnya ada beberapa keuntungan menggunakan kartu Halo. Salah satunya adalah bisa menikmati jaringan prioritas Telkomsel.

Pengguna kartu Halo juga bisa mengatur tagihan sesuai dengan kebutuhan agar tidak melebihi batas yang sudah ditentukan tiap bulan. Hanya saja tagihan wajib dibayarkan setiap bulan agar kartu tidak hangus.

Paket Internet Kartu Halo juga tidak terlalu mahal. Untuk mengetahui berapa harganya silahkan CEK DI SINI. Mungkin biaya yang dikeluarkan per bulan akan lebih mahal dibanding menggunakan kartu prabayar seperti kartu AS, Telkomsel, dan Loop.

Bagi yang merasa terlalu terbebani karena harus membayar tagihan per bulan maka lebih baik menonaktifkan kartu Halo melalui kantor GraPARI terdekat. Sebab kalian tidak bisa lagi beralih menggunakan kartu pascabayar setelah migrasi menjadi kartu prabayar.

Setelah mengetahui cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir, hangus, atau sudah mati adalah dengan cara migrasi ke kartu pascabayar (Kartu Halo) apakah kalian masih tertarik mengaktifkannya kembali?

Bagi yang rela migrasi ke Kartu Halo maka bisa datang langsung ke kantor GraPARI terdekat dengan membawa KTP serta kartu yang hangus. Namun perlu kami ingatkan bahwa cara di atas hanya berlaku untuk kartu Telkomsel yang lewat 15 hari setelah masa tenggang berakhir. Apabila lebih dari 15 hari, maka kartu akan terblokir secara permanen dan tidak bisa diaktifkan kembali.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Harga Paket Indihome Internet OnlyCara Transfer Paket Data Telkomsel 
Cara Cek Pulsa Telkomsel Cara Cek Kuota Telkomsel 

Cukup sekian informasi ponseli.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir bisa menjadi referensi bagi pengguna Telkomsel yang nomornya hangus, terblokir, atau sudah mati. Jangan lupa simak pula beragam informasi menarik seputar dunia teknologi hanya di ponseli.com.

Advertisement