Cara Mendaftar BPJS Online 2019 Lewat Hp dan Persyaratannya

Advertisement

Cara Mendaftar BPJS Online 2019 – Hampir semua orang memiliki smartphone Android. Perangkat telekomunikasi tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi ataupun menikmati konten multimedia, namun juga mempermudah proses birokasi dalam mendaftar BPJS Kesehatan. Yah, kita bisa mendaftar BPJS kesehatan secara online melalaui smartphone. Caranya juga sangat gampang dan akan mempercepat proses untuk menjadi anggota BPJS kesehatan.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan salah satu program Pemerintah Indonesia untuk menjamin kesehatan seluruh rakyat Indonesia. Dengan menjadi anggota BPJS kita akan mendapatkan hak untuk berobat dan rawat inap gratis sesuai kelas yang dipilih. Yah, BPJS Kesehatan terbagi dalam beberapa kelas berbeda, yakni kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Setiap kelas memiliki biaya iuran berbeda-beda yang bisa kita sesuaikan dengan kemampuan dalam membayarnya.

Selain BPJS, ada pula KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang diberikan secara gratis bagi semua warga miskin dan kurang mampu. KIS hanya diberikan kepada orang yang dianggap kurang mampu oleh pemerintah Indonesia, jadi bagi sobat yang berpenghasilan cukup, maka wajib membayar iuran setiap bulannya. Biaya iuran yang dikenakan juga cukup terjangkau dan sudah disesuaikan dengan kemampuan masyarakat Indonesia.

Advertisement

Berapa Biaya Iuran BPJS Kesehatan ?

Biaya Iuran BPJS KesehatanSebelum mengetahui cara mendaftar BPJS Online, lebih baik sobat terlebih dahulu mengetahui berapa biaya iuran perbulan yang harus dibayarkan. Seperti yang kami sampaikan di atas, BPJS Kesehatan terbagi dalam 3 kelas. Setiap kelas bisa naik satu tingkat apabila ingin mendapatkan pelayanan kesehatan lebih baik di masing-masing rumah sakit. Nah untuk mengetahui berapa biayanya, silahkan simak tabel dibawah ini.

KelasIuran Perbulan
Kelas 1Rp. 80.000
Kelas 2Rp. 51.000
Kelas 3Rp. 25.500

Nah itulah tarif BJPS Kesehatan terbaru di tahun 2019. Tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijaksanaan yang dikeluarkan pihak BPJS. Menurut kami tarif tersebut cukup terjangkau. Bagi kalangan menengah ke atas bisa memilih kelas 1 yang nantinya bisa naik 1 tingkat ke kelas VIP dengan membayar biaya rawat inap sesuai kelas yang dipilih. Namun apabila tidak naik kelas, maka biaya rawat inapnya 100% gratis. Sedangkan bagi kalangan menengah kebawah, lebih baik memiliki kelas 2 atau kelas 3 yang harganya lebih murah.

Apa Saja Syarat Mendaftar BPJS ?

Syarat Daftar BPJS Online TerbaruCara mendaftar BPJS Online di setiap kelas sama saja. Namun sebelum itu mari kita lihat apa saja syarat mendaftar BPJS Online.

  1. Menyiapkan KTP yang masih berlaku atau kartu identitas lainnya, seperti SIM dan Paspor
  2. Calon peserjat BPJS Kesehatan harus terdaftar pada Kartu Keluarga (KK), jadi sobat harus menyiapkan KK terbaru yang berisi semua anggota keluarga yang akan didaftarkan BPJS
  3. Bagi yang sudah menikah harus menyeiapkan buku nikah
  4. Fotocopy buku tabungan sebagai penanggung biaya
  5. Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 2 Lembar

Syarat mendaftar BPJS yang kami sampaikan di atas lebih ditunjukan untuk pendaftaran secara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS. Sedangkan syarat dan cara mendaftar BPJS Kesehatan Online semuanya dilakukan secara digital, sehingga kita hanya perlu mengupload dukumen yang diperlukan saat mendaftar. Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara mendaftar BPJS Online, silahkan simak informasi berikut ini.

Cara Mendaftar BPJS Online

Cara Mendaftar BPJS Online Lewat HpProses dan cara mendaftar BPJS online jauh lebih cepat dibandingkan kita mendaftar secara langsung ke kantor BPJS. Pasalnya di kantor BPJS kita harus mengantri dalam waktu cukup lama, mengingat banyaknya orang yang ingin mendaftar menjadi anggota BPJS. Oleh karena itulah kami menyarankan untuk mendaftar secara online. Nah bagi yang belum tau bagaimana cara mendaftar BPJS Online 2019, silahkan simak dibawah ini.

  1. Yang harus dilakukan pertama kali dalam mendaftar BPJS Kesehatan Online menggunakan Hp adalah membuka browser, lalu kunjungi situs BPJS yang beralamatkan di www.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Setelah masuk ke situs resmi BPJS, maka cara mendaftar BPJS Online 2019 selanjutnya adalah masuk menu “LAYANAN” kemudian pilih “PENDAFTARAN PESERTA“.
  3. Kemudian akan muncul halaman user manual pendaftaran yang berisi mengenai syarat dan ketentuan menjadi anggota BPJS.
  4. Silahkan sobat baca semua syarat dan ketentuan tersebut hingga benar-benar paham. Apabila sudah memahami apa saja syarat dan ketentuannya, maka langkah selanjutnya tinggal klik tulisan “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan” yang berada dibagian bawah sampai muncul tanda cawang, lalu klik tombol “PENDAFTARAN”.
  5. Setelah menekan tombol pendaftaran, langkah selanjutnya adalah mengisi jenis kepersertan. Pada kolom tersebut terdiri dari 2 pilihan, yakni Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja. Nah bagi sobat yang ingin mendaftarkan BPJS untuk anggota keluarga, maka harus memilih “Pekerja Bukan Penerima Upah“. Sedangkan untuk pilihan Bukan Perkerja tersedia dalam 3 pilihan kepersertaan yang terdiri dari Investor, Penerima Pensiun Swasta, dan Pemberi Kerja.
  6. Setelah memilih salah satu jenis kepersertaan yang akan diikuti, maka langkah selanjutnya tinggal menekan tulisan “Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga”, lalu isikan Nomor Kartu Keluarga sesuai nomor yang tertera pada Kartu Keluarga yang sobat miliki.
  7. Isikan nomor kartu keluarga dengan benar. Setelah itu, kita disuruh mengisikan kode Captcha sesuai gambar yang muncul. Apabila sudah benar, maka tinggal klik tombol “INQUERY KARTU KELUARGA“.
  8. Jika nomor kartu keluarga yang diisikan benar, secara otomatis akan muncul nama semua anggota keluarga yang tertera pada KK. Silahkan pilih anggota keluarga yang akan didaftarkan, lalu klik tombol “PROSES SELANJUTNYA“.
  9. Cara mendaftar BPJS Online selanjutnya adalah disuruh mengisi nomor handphone, NPWP, dan alamat kelurahan. Silahkan sobat klik tombol “PENCARIAN” untuk mencari kelurahan yang sesuai dengan alamat yang sobat tinggali.
  10. Apabila alamat kelurahan sudah dipilih, langkah selanjutnya adalah mencentang kotak pernyataan yang menyatakan bahwa alamat yang dimasukan sudah sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP.
  11. Kemudian kita disuruh memilih Faskes Tingkat 1 yang nantinya digunakan untuk meminta rujukan apabila ingin rawat inap. Untuk mencarinya tinggal mengklik tombol pencarian dan setelah itu tinggal memiliki Faskes Tingkat 1 yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal. Sobat bisa memilih Puskesmas, Dokter Pribadi, atau bahkan Klinik.
  12. Sobat jangan asal memiliki Faskes Tingkat 1. Pasalnya Fakses Tingkat 1 akan menjadi tempat unuk meminta rujukan agar bisa berobat secara gratis ke rumah sakit. Selain berobat, BPJS juga bisa digunakan untuk melahirkan secara gratis sekaligus biaya rawat inapnya. Oleh karena itulah kami sarankan untuk memilih Faskes Tingkat 1 yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal, sehingga akan mempermudah saat meminta rujukan.
  13. Setelah mengikuti semua langkah di atas, maka cara mendaftar BPJS Online selanjutnya adalah mengupload foto data diri dengan ukuran minimal 50 kb. Silahkan pilih foto yang disimpan di gallery handphone, lalu klik tombol “PROSES SELANJUTNYA“. Apabila ukuran foto terlalu besar, maka sobat harus terlebih dahulu mengkompresnya. Nah untuk caranya silahkan simak informasi berikut ini “Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online“.
  14. Setelah langkah di atas, selanjutnya kita disuruh untuk melengkapi beberapa formulir yang terdiri dari sebagai berikut :
    • Nama peserta anggota keluarga yang akan didaftarkan BPJS
    • Memilih salah satu kelas perawatan yang terdiri dari kelas 1, kelas 2, dan kelas 3
    • Memasukan nomor rekening dan pemilik nomor rekening
    • Mengisikan nomor handphone dan alamat email
    • Langkah terakhir tinggal mengisikan kode Captcha, lalu klik “Kirim Email
  15. Secara otomatis sistem BPJS Online akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat yang sudah kita masukan pada cara mendaftar BPJS Online sebelumnya. Silahkan sobat buka email yang dikirim. Apabila tidak ada email masuk, mungkin terkiri ke folder Spam.
  16. Setelah email dibuka, maka akan tertera URL Aktivitas. Silahkan klik URL tersebut dan nantinya kita akan mendapatkan nomer Virtual Account (VA) yang nantinya digunakan untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya.
  17. Setelah itu, kita tinggal melakukan pembayaran melaluai Bank dengan menunjukan Virtual Account yang diberikan saat pendaftaran. Masbro bisa melakukan pembayaran melalui bank Mandiri, BRI atau BNI.
  18. Biaya yang dibayarkan bukanlah biaya pendaftaran BPJS, melainkan biayar iuran bulanan sesuai dengan kelas yang dipilih. Jadi bisa dikatakan bahwa pendaftaran BJPS Online tidak dipungut biaya alias gratis
  19. Saat ini proses pembayaran BPJS juga bisa dilakukan melalui minimarket dan market place sekelas Buka Lapak, Tokopedia, dll.
  20. Kemudian kita bisa mencetak e-ID dengan link yang tertera pada email notifikasi nomor registrasi dengan tinta biasa atau datang ke kantor BPJS terdekat untuk mencetak kartu perserta BPJS Kesehatan.
  21. Nantinya kartu yang sudah dicetak harus dibawa saat berobat sebagai bukti bahwa sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Selain itu, kita juga harus membawa KTP saat ingin mendaftar berobat atau rawat inap menggunakan layanan BPJS Kesehatan.
  22. Bagi yang usianya dibawah 17 tahun, kami sarankan untuk membawa kartu keluarga saat ingin berobat ataupun rawat inap sebagai identitas pendukung.
  23. Nah demikianlah cara mendaftar BPJS Online lewat Hp beserta semua prosesnya. Setelah resmi menjadi anggota BPJS, maka kita memiliki kewajiban untuk membayar biaya iuran setiap bulannya.

Seperti yang sobat lihat di atas, cara mendaftar BPJS Online 2019 memang sangat mudah. Sobat bisa mendaftarnya menggunakan handhone maupun komputer atau laptop. Prosesnya sangat cepat, sehingga kita tidak perlu mengantri terlalu lama di kantor BPJS. Namun ada baiknya sobat tetap datang ke kantor BPJS untuk mencetak kartu peserta BPJS Kesehatan agar nantinya tidak mudah rusak dibandingkan kartu yang kita cetak sendiri.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Aplikasi Musik Android GratisAplikasi Cari Jodoh Indonesia
Game Balap Mobil TerbaikGame Offline Perang Android

Note :

  • Cara mendaftar BPJS Online yang kami sampaikan di atas bisa berubah sewaktu-waktu
  • Informasi di atas hanya khusus untuk layanan BPJS Kesehatan, bukan ketenagakerjaan

Owh yah, perlu sobat ingat bahwa uang iuran yang dibayarkan setiap bulannya tidak bisa ditarik kembali. Sistem BPJS Kesehatan memang berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan yang nantinya bisa kita cairkan setelah masa kontrak kerja habis. Setelah mengetahui hal tersebut, semoga sobat tak lagi bimbang dalam mendaftar layanan kesehatan yang di canangkan pemerintah tersebut. Sekian informasi ponseli.com kali ini, semoga informasi cara mendaftar BPJS Online di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 5,00 out of 5)
Advertisement