Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca dan Rusak (Corrupt)

Advertisement

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sebenarnya cukup mudah. Namun semuanya kembali lagi ke kondisi Flashdisk itu sendiri. Yah, tak semua flashdisk bisa diperbaiki. Biasanya hal tersebut karena faktor komponen yang sudah rusak, jadi mau tak mau harus di lem biru (Lempar Beli Baru). Terlebih saat ini sedang marak beredar Flashdisk palsu yang kualitasnya jauh dibawah standar dan sangat gampang rusak.

Agar terhindar dari Flashdisk palsu, pastikan membelinya di toko komputer yang sudah terpercaya dan jangan lupa mengecek keaslian garansi. Biasanya kita diberi garansi selama 1 tahun apabila membeli Flashdisk buatan Kingston, Sandisk ataupun merek ternama lainnya. Dengan maraknya peredaran Flashdisk palsu tentu kita harus hati-hati. Namun sebenarnya cara membedakan antara yang asli dan palsu sangat gampang. Lalu bagaimana caranya ?

Tutorial Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak TerbacaCara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara Membedakan Flashdisk Asli dan Palsu

  1. Untuk membedakan antara Flashdisk asli dan palsu, masbro bisa melihat dari harga jualnya. Apabila harga Flashdisk palsu yang akan dibeli harganya jauh dibawah standar, maka kemungkinan merupakan flashdisk palsu.
  2. Cara membedakan yang kedua adalah dari proses finishing dan material yang digunakan. Biasanya flashdisk palsu dibuat secara asal-asalan dan terkesan lebih ringkih. Selain itu, rata-rata flashdisk palsu tidak memiliki nomor serial, sehingga berbea dengan yang asli.
  3. Proses pengiriman data Flashdisk palsu tentu saja lebih lambat, karena teknologi yang digunakan jauh berbeda. Jadi bagi sobat yang memiliki flashdisk seperti itu, maka besar kemungkinan merupakan flashdisk palsu
  4. Masalah garansi menjadi kunci utama untuk melihat kualitas flashdisk yang dibeli. Pasalnya flashdisk palsu tidak disertakan bukti garansi, dan biasanya penjual tidak berani memberikan garansi. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mencari flashdisk dengan garansi resmi Indonesia, sehingga nantinya bisa dilakukan perbaikan saat terjadi kerusakan.
  5. Walaupun sama-sama bisa terbaca di komputer, namun sering kali flashdisk palsu susah terkoneksi. Data yang tersimpan didalamnya juga mudah corrupt atau rusak.

Nah itulah cara membedakan antara flashdisk palsu dan asli. Kami yakin flashdisk palsu akan cepat mudah rusak dibandingkan yang asli. Pasalnya flashdisk asli seperti buatan Sandisk, Kingston, Toshiba, A-DATA, dll telah melewati proses quality control untuk menjamin kualitasnya. Meskipun begitu, flashdisk asli tetap saja bisa rusak ataupun tidak dapat terditeksi di komputer dikarenakan beberapa penyebab berikut ini.

Advertisement

Penyebab Flashdisk Rusak dan Tidak Terbaca

  1. Flashdisk terjatuh dari ketinggian, sehingga menyebabkan kerusakan pada fisik serta komponen yang ada didalamnya
  2. Terjadi kerusakan pada port USB
  3. Mencabut paksa flashdisk yang menanjap pada komputer tanpa terlebih dahulu eject/removable disk
  4. Penyebab lainnya adalah flashdisk terkena air
  5. Settingan Bios Windows bermasalah
  6. Masalah pada Driver komputer
  7. Flashdisk terkena Virus

Masalah di atas merupakan penyebab umum yang sering kali membuat flashdisk tidak terbaca di komputer ataupun mengalami kerusakan. Apabila kerusakan yang terjadi menyangkut kondisi fisik dan komponen yang ada didalam flashdisk, maka kecil kemungkinan kita bisa memperbaikinya. Namun apabila masalahnya hanya sebatas pada software ataupun masalah teknis lainnya, maka kita masih bisa berusaha untuk memperbaiki flashdisk yang rusak tidak terbaca tersebut. Nah untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, silahkan simak informasi ponseli.com berikut ini.

1. Cek Port USB Komputer / Laptop

Port Flashdisk LaptopSering kali yang mengalami kerusakan bukanlah pada Flashdisk, melainkan port USB yang ada pada Laptop atau Komputer. Apabila port tersebut rusak, maka Flashdisk tidak akan terdeteksi atau terbaca. Oleh karena itulah lebih baik kita terlebih dahulu menancapkan Flashdisk pada komputer atau laptop lain untuk memastikan apakah yang rusak Flashdisk-nya atau Port USB-nya. Jika pada komputer lain terbaca dan terdeteksi, maka besar kemungkinan yang menyebabkan Flashdisk tidak terbaca adalah port USB-nya.

2. Memeriksa Driver USB di Komputer

Device Manager USBNah cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca kedua adalah terlebih dahulu memeriksa Driver USB yang ada pada komputer. Bisa saja Driver belum terinstal, sehingga menyebabkan flashdisk yang tidak terbaca. Nah untuk mengetahui apakah driver USB sudah terinstal atau belum, maka masbro bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini.

Advertisement
  1. Pertama buka “Control Panel
  2. Kemudian pilih “Device Manager
  3. Pada Device Manager kita bisa melihat semua driver yang terinstal pada komputer atau laptop. Nah apabila salah satu driver belum terinstal, maka akan muncul icon tanda seru.

Silahkan sobat instal terlebih dahulu Driver USB agar nantinya Flashdisk dapat terbaca. Sobat bisa mencarinya secara online ataupun menginstal langsung melalui kaset driver yang disertakan pada paket penjualan laptop ataupun motherboard

3. Menggunakan Computer Management

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak TerdeteksiCara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca selanjutnya adalah menggunakan fitur Windows bernama Computer Management. Fitur tersebut berfungsi untuk melihat semua media penyimpanan yang terhubung dengan komputer, baik itu Hardisk, SSD, ataupun Flashdisk. Nah untuk cara mengaksesnya silahkan simak dibawah ini.

  1. Langkah pertama adalah klik menu Start, kemudian ketikan “Run” lalu Enter
  2. Setelah kolom Run muncul, kemudian masbro ketik “compmgmt.msc
  3. Perintah di atas berfungsi untuk membuka Computer Management. Nah setelah terbuka, maka selanjutnya klik menu “Storage“.
  4. Selanjutnya pada menu Storage, sobat memilih menu “Disk Management
  5. Apabila Flashdisk terbaca pada menu Disk Management, maka cara memperbaiknya adalah dengan memformat flashdisk tersebut. Namun apabila tidak muncul, maka besar kemungkinan Flashdisk sudah tidak bisa diperbaiki.
  6. Apabila flashdisk terdekteksi, langkah selanjutnya klik kanan pada kolom driver flashdisk, kemudian pilih menu “Create Partition
  7. Setelah itu tinggal format Flashdisk dengan cara klik kanan, lalu pilih menu “Format”.

Mengingat cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di atas adalah melalu sistem format, maka sobat harus rela semua data terhapus. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, kami sarankan untuk selau membackup file-file penting yang tersimpan di dalam Flashdisk. Siapa tahu kita sedang apes dan tiba-tiba flashdisk tidak terbaca di komputer.

4. Menggunakan Add Hardware

Tutorial Mengatasi Flashdisk RusakCara selanjutnya adalah menggunakan menu Add Hardaware yang ada di Windows. Adapun caranya silahkan simak dibawah ini

Advertisement
  1. Pertama, sambungkan terlebih dahulu Flashdisk ke komputer atau laptop
  2. Kemudian buka menu “Control Panel
  3. Selanjutnya pilih menu “Devices anda Printers
  4. Setelah pilih “Add A Device” pada pojok kiri atas
  5. Langkah selanjutnya pilih menu Next, lalu pilih “Yes, I have already connected the hardware
  6. Apabila Flashdisk berhasil terdeteksi, maka nantinya akan muncul icon “Removable Hardware” pada System Tray Windows dan setelah itu kita bisa menggunakan Flashdisk sebagai mana mestinya.

5. Menggunakan Software HDD Low Level Format

Cara Memperbaiki Flashdisk CorruptAda beberapa software yang bisa digunakan untuk memperbaiki flashdisk, dan salah satunya adalah HDD Low Level Format. Aplikasi tersebut bisa sobat download secara gratis “Di Sini“. Nah setelah mendownload HDD Low Level Format, maka cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan aplkasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tancapkan terlebih dahulu Flashdisk ke komputer ataupun laptop
  2. Kemudian instal HDD Low Level Format yang sudah didownload, lalu buka aplikasi tersebut
  3. Setelah terbuka, kemudian pilih USB, lalu klik menu Continue.
  4. Nantinya secara otomatis aplikasi HDD Low Level Format akan memformat flashdisk yang rusak. Nah apabila sudah selesai, maka selanjutnya kita bisa memformat ulang dengan cara format seperti biasa.

6. Scan Dengan Anti Virus

Anti Virus FlashdiskSalah satu penyebab flashdisk tidak terbaca adalah karena virus. Untuk menghilangkannya kita harus terlebih dahulu menscan flashdisk dengan Anti Virus yang ampuh, seperti AGV, McAfee, Kaspersky, Avast, dll. Nah setelah di scan dan terbukti ada virus bersarang, maka langkah selanjutnya tinggal menghapus virus tersebut hingga bersih. Jika sudah tidak terdeteksi virus, maka silahkan coba lihat apakah flashdisk sudah terbaca pada komputer atau belum.

7. Format Dengan CMD

Satu lagi cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, yakni dengan cara memformatnya dengan CMD. Cara ini tergolong sangat ampuh dan prosesnya juga mudah. Proses format dengan CMD juga berbeda dengan Format standar, karena kita harus menggunakan perintah khusus. Adapun untuk caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Langkah pertama colokan terlebih dahulu Flasdisk ke port USB yang tersedia pada laptop atau komputer
  2. Kemudian buka CMD dengan cara klik Start Menu, kemudian ketik CMD
  3. Setelah menu CMD terbuka, lalu ketik “Disk Part
  4. Kemudian ketik “list disk” untuk melihat posisi flasdisk berada di driver yang mana
  5. Untuk mengetahui secara pasti posisi Flasdisk, sobat bisa melihat kapasitas penyimpanannya
  6. Nah apabila sudah tahu posisinya, maka langkah selanjutnya ketikan “FORMAT F:/FS:FAT” pada kolom CMD. Huruf F tersebut merupakan contoh lokasi Flashdisk, jadi masbro bisa menggantinya sesuai dengan posisi flashdisk yang dimiliki.
  7. Langkah terakhir tinggal tekan enter, dan secara otomatis flashdisk akan terformat oleh Windows dan menghapus semua file yang tersimpan didalamnya.

8. Cara Memperbaiki Flashdisk Terkena Air

Cara Memperbaiki Flashdisk Terendam AirSering kali flashdisk basah dikarenakan kehujanan, terjatuh, ataupun tidak sengaja tercuci. Nah apabila sobat mengalami hal yang sama, maka kami sarankan untuk terlebih dahulu mengeringkan Flashdisk sebelum dicolokan ke port USB komputer ataupun laptop. Jika dipakskan saat kondisi masih basah, maka dapat menimbulkan korsleting yang akan merusak semua komponen yang ada didalam flashdisk.

Paling tidak kita harus mengeringkan Flashdisk yang basah dengan Hair Dryer atau merendamnya dengan beras. Yah, beras terbukti cukup ampuh untuk menyerap air yang ada pada Flashdisk, jadi masbro wajib mencoba cara memperbaiki flasdisk yang tidak terbaca tersebut. Apabila dirasa sudah benar-benar kering, maka masbro bisa mencoba mencolokannya pada komputer dan tinggal melihat apakah Flashdisk terbaca atau tidak.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Menghapus Facebook PermanenAplikasi Editing Video
Aplikasi Nama Anak IslamiAplikasi Sadap WhatsApp Terbaik

Kerusakan pada flashdisk memang harus segera ditangani. Terlebih bagi sobat yang terbiasa menggunakan Flashdisk untuk menginstal Windows ataupun menyimpan file-file penting lainnya. Nah bagi yang belum tau bagaimana cara instal Window dengan Flashdisk silahkan simak informasi berikut “Cara Membuat Bootable Flashdisk“. Sekian informasi ponseli.com mengenai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5,00 out of 5)
Advertisement