Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis dan Panas

Advertisement

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis bisa dilakukan dengan beberapa cara . Namun apabila masalahnya dikarenakan baterai menggelembung dan umur sudah terlalu tua, maka mau tak mau kita harus mengganti baterai. Untuk menganti baterai juga tak boleh asal, karena harus menggunakan beterai original agar awet dan tidak cepat rusak.

Baterai hp yang cepat habis menjadi masalah utama pengguna smartphone, terutama bagi para pecinta game dan yang hobi berfoto selfie. Tentu kita ingin baterai handphone tetap awet dan bisa digunakan seharian penuh. Namun sering kali baterai habis di saat-saat penting, sehingga kita tidak bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Bagi yang memiliki Power Bank, tentu bukan menjadi masalah, karena bisa kembali mengisi baterai hp yang cepat habis dengan mudah. Meskipun begitu, kita tetap harus mengetahui apa yang menyebabkan batera hp cepat habis agar bisa mengambil tindakan supaya pemakaian baterai bisa kembali normal dan terhindar dari baterai ngedrop di saat-saat penting.

Advertisement

Ada beberapa cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dengan menggunakan beberapa trik, tanpa perlu mengganti baterai. Cara yang kami sampaikan kali ini cukup manjur bagi pengguna smartphone yang memiliki baterai kecil. Nah untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak informasi ponseli.com berikut ini.

Tips Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

1. Matikan GPS

Salah satu penyeba baterai Hp cepat habis adalah karena GPS terus aktif dalam mencari lokasi smartphone. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mematikan GPS sehingga tidak menyedot daya baterai. Lebih baik hanya mengaktifkan GPS saat membuka aplikasi Google Maps ataupun aplikasi pemetaan lainnya yang membutuhkan GPS Aktif.

Advertisement

2. Matikan Bluetooth

Cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis adalah dengam mematikan Bluetooth. Sama halnya dengan GPS, Bluetooth akan terus mencari perangkat lain yang berdekatan dengan smartphone. Alhasil baterai terbuang secara sia-sia, sehingga membuat baterai Hp cepat habis. Sebenarnya sekarang sudah ada teknologi Bluetooth v5.0 yang lebih hemat daya. Namun sayangnya masih sedikit hp yang memakai teknologi tersebut.

3. Gunakan WiFi

Nah apabila berada dilokasi yang terjangkau sinyal Wi-Fi, kami sarankan untuk lebih memilih memakai Wi-Fi dibandingkan jaringan seluler. Pasalnya mengakses internet memakai jaringan seluler seperti 3G dan 4G akan lebih menyedot daya baterai. Lagi pulanya sinyal WiFi lebih stabil, sehingga konsumsi daya baterai bisa ditekan lebih irit

4. Matikan WiFi

Kebalikan dari cara memperbaiki hp baterai yang cepat habis di atas, kali ini kami sarankan untuk mematikan WiFi saat berpergian dan jauh dari sinyal WiFi. Pasalnya WiFi yang aktif akan terus mencari sinyal Wifi yang bisa terjangkau. Pencarian tersebut akan menyedot daya baterai, sehingga baterai cepat habis.

5. Kurangi Brightness Layar

Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat HabisBrightness atau kecerahan layar sangat berpengaruh terhadap pemakaian daya baterai. Nah cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis bisa dilakukan dengan cara meredupkan atau mengurangi kecerahan layar. Cara ini wajib dilakukan, terutama saat berada didalam ruangan. Akan tetapi ketika di luar ruangan, sobat bisa menambah brigthness agar layar handphone dapat dilihat dengan mudah

6. Kurangi Widget

Khusus bagi pengguna smartphone Android kami sarankan untuk mengurangi widget atau bahkan menghilangkan widget yang ada pada homescreen smartphone. Pasalnya widget yang aktif akan menjalankan aplikasi yang terhubung, sehingga aplikasi tersebut akan mengurangi daya baterai.

7. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Kami yakin semua pengguna smartphone menginginkan handphonenya terlihat keren, sehingga menggunakan wallpaper bergerak atau Live Wallpaper. Perlu sobat ketahui, Live Wallpaper akan menyedot daya baterai cukup besar. Alhasil baterai hp terasa cepat habis. Mengingat akan hal itu, kami sarankan untuk memakai wallpaper standar.

8. Setting Vibrasi / Getar

Selain cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis di atas, kami sarankan untuk mengatur pemakain vibrasi atau getar. Pengaturan vibrasi lebih baik digunakan untuk ringtone saja dan jangan gunakan saat menekan tombol atau membuka smartphone. Untuk mengaturnya, sobat bisa masuk ke menu pengaturan, lalu masuh ke pengaturan suara. Kemudian matikan menu “bergetar saat di sentuh”.

9. Mengatur Screen Timeout

Semua smartphone dilengkapi fitur Screen Timeout yang berguna untuk mengatur kapan layar mati saat tidak aktif. Nah agar baterai awet, kami sarankan untuk mengatur screen timeout dalam waktu yang cepat, misalnya 15 detik. Hal ini perlu dilakukan agar layar langsung mati saat hp tidak digunakan, sehingga baterai tidak terbuang sia-sia.

10. Matikan Fitur Auto Sync

Solusi Baterai Hp Yang Cepat HabisAkun Google yang kita masukan ke smartphone akan melakukan sinkronisasi secara otomatis untuk mengupdate kontak telepon, kalender, dll. Proses sinkronisasi tersebut akan menyedot daya baterai, jadi lebih baik mematikannya. Cara mematikannya juga sangat mudah. Sobat tinggal masuk ke menu pengatura, lalu masuh ke ke menu “Pengguna & Akun”. Kemudian pilih Google atau aplikasi lainnya yang membutuhkan akses sinkronisasi.

11. Matikan Auto Update

Auto Update aplikasi tak hanya akan menyedot kuota, namun juga daya baterai. Lebih baik sobat mematikan fitur tersebut atau mengaturnya hanya saat menggunakan jaringan Wi-Fi. Kami sendiri lebih memilih update manual, sehingga bisa memilih aplikasi mana yang harus diupdate. Apabila Auto Update di aktifkan, tentu kita harus mengorbankan daya baterai.

12. Manfaatkan Fitur Power Saving

Hampir semua smartphone dilengkapi fitur Power Saving. Fitur tersebut akan menghemat pemakaian daya baterai dengan mematikan beberapa aplikasi dan fitur yang berjalan pada smartphone. Fitur Power Saving juga mengurangi resolusi layar dan mengurangi kecepatan prosessor, sehingga baterai bisa lebih irit. Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis ini sangat manjur agar pemakaian daya baterai lebih lama.

13. Matikan Notifikasi

Semakin banyak notifikasi yang masuk ke smartphone, maka semakin besar daya baterai yang harus dikeluarkan. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mematikan notifikasi yang tidak penting, seperti dari game atau sosial media. Biasanya setiap smartphone dilengkapi pengaturan notifikasi, sehingga kita bisa dengan mudah mengaturnya.

14. Atur Resolusi Layar

Mengatur Resolusi LayarRata-rata smartphone masa kini sudah dilengkapi pengaturan resolusi layar, mulai dari HD, Full HD, 2K, hingga 4K. Nah agar baterai tidak cepat habis, kami sarankan memakai resolusi terendah. Misalnya pengguna Samsung Galaxy S10 Plus, bisa mengatur resolusi layar dari WQHD menjadi Full HD atau hanya HD saja sehingga pemakaian daya baterai menjadi lebih irit

15. Mengatur Aplikasi Yang Berjalan di Background

Aplikasi akan berjalan secara otomatis pada Backgound Process. Nah saat aplikasi berjalan, maka daya baterai akan tersedot sehingga membuat baterai cepat habis. Untuk memperbaiki baterai Hp yang cepat habis, kami sarankan untuk mematikan aplikasi yang berjalan pada background processor ataupun mengunistal aplikasi yang dianggap tidak perlu dan hanya menyedot daya baterai.

16. Jangan Main Game Terlalu Lama

Penyebab baterai hp cepat habis adalah terlalu lama bermain game. Yah, game menyedot daya baterai sangat besar dikarenakan semua komponen hardware, seperti processor, gpu dan ram bekerja terlalu ekstra. Terlebih jika yang dimainkan merupakan game online, pasti baterainya lebih cepat boros karena mebutuhkan jaringan internet. Jadi apabila ingin baterai hp irit, lebih baik kita mengurangi waktu bermain game.

17. Matikan Data Internet

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis adalah dengan mematikan data internet. Cara ini bisa dilakukan saat berada di lokasi yang tidak terjangkau sinyal internet. Sobat juga bisa menggunakan mode Airplane agar handphone tidak terus menerus mencari sinyal jaringan seluler sehingga baterai tidak terbuang sia-sia.

18. Ganti Baterai

Nah apabila semua cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis di atas tak manjur, mungkin penyebabnya berasal dari baterai yang sudah rusak atau ngedrop. Solusinya adalah dengan cara membeli baterai baru. Pastikan baterai yang dibeli merupakan baterai original agar lebih awet dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Mendapatkan UC PUBG GratisCara Mendapatkan Skin PUBG Gratis
Aplikasi Edukasi Anak Hp Realme harga 1 Jutaan

Seperti yang sobat lihat di atas, ada banyak sekali cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis. Sobat wajib mencoba semua cara di atas agar baterai tidak cepat habis, sehingga bisa bebas berkomunikasi, chating, browsing, hingga bermain game. Nah demikianlah informasi ponseli.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement

Seoarang wanita yang memiliki passion dalam menulis dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar tidak kudet dan selalu uptodate