Cara Membuat Channel Youtube 2019 Agar Menghasilkan Uang

Advertisement

Cara Membuat Channel Youtube – Sudah sejak lama Youtube menjadi layanan berbagai video terbesar di dunia. Youtube sendiri dimiliki Google setelah mengakuisinya pada tahun 2006 dengan nilai US$1.65 Miliar. Nilai tersebut sangat fantastis, karena sejatinya Youtube merupakan perusahaan muda yang baru didirikan pada 14 Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen, and Jawed Karim. Sampai saat ini Youtube tetap berjaya dan menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi setiap harinya di dunia.

Tak hanya menyediakan tempat untuk berbagi konten video, Youtube juga memberikan kesempatan bagi para konten kreator untuk menghasilkan pendapatan dari video yang diunggah di Youtube. Sobat ponseli tentu mengenal beberapa konten kreator ternama di Indonesia, seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Bayuk Skak, Jess No Limit, dan masih banyak lagi lainnya. Semua konten kreator tersebut mendapatkan pendapatan sangat besar hanya dengan menunggah konten yang mereka miliki.

Cara Membuat Channel Youtube Terbaru 2019

Cara Membuat Channel YoutubeKami yakin banyak orang yang bermimpi menjadi konten kreator atau Youtuber sukses sekelas Atta Halilintar dan kawan-kawan. Untuk menggampai mimpi tersebut tentu membutuhkan perjuangan yang tak kenal lelah. Menjadi Youtuber memang tak semudah membalikan telapak tangan. Selain harus bekerja keras, kita juga harus konsisten dalam mengupload video hingga nantinya mendapatkan penonton yang setia. Namun sebelum itu kita wajib memiliki channel Youtube yang nantinya menjadi modal awal untuk menjadi Youtuber.

Advertisement

Banyak orang yang belum tahu cara membuat Channel Youtube. Padahal caranya sangat gampang dan pastinya gratis. Yang sulit dari membuat Channel Youtube adalah mendapatkan penghasilan dari video yang kita buat. Namun ada baiknya jangan berpikir terlalu muluk-muluk soal berapa uang yang didapatkan, karena yang paling penting adalah konsistensi dalam berkarya. Nah bagi yang ingin mencoba membangun Channel Youtube, silahkan simak terlebih dahulu cara membuat channel Youtube yang kami rangkum dibawah ini.

1. Membuat Akun Google

Cara membuat channel Youtube yang pertama adalah harus memiliki akun Google. Akun tersebut digunakan untuk membuat akun Youtube. Namun perlu kami garis bawahi, bahwa akun Youtube berbeda dengan Channel Youtube. Pasalnya semua akun Google secara otomatis terhubung ke akun Youtube. Nah untuk membuat Channel Youtube kita harus terlebih dahulu mendaftarnya serta mengikuti beberapa langkah sampai nantinya Channel yang kita buat bisa digunakan untuk mengunggah video.

2. Login Dengan Akun Google

Cara Membuat Channel YoutubeSetelah memiliki akun Google, langkah selanjutnya adalah terlebih dahulu login dengan akun Google. Caranya adalah klik tulisan “Sign In” pada pojok kanan atas. Kemudian halaman akan berpindah ke menu Sign In. Pada halaman tersebut, silahkan sobat ponseli masukan akun Google yang telah dibuat. Dimana yang pertama adalah alamat email atau nomer handphone, lalu password. Selanjutnya klik tombol “Next” untuk masuk ke halaman utama Youtube.

Advertisement

4. Mulai Membuat Channel

Mulai Membuat ChannelAkun Google memang langsung terhubung dengan akun Youtube, jadi kita tidak perlu lagi mendaftar. Nah, lalu bagaimana cara membuat channel Youtube selanjutnya ? Yang harus kita lakukan sangat simple. Untuk mulai mengaktifkan Channel Youtube adalah dengan cars klik foto profil pada bagian pojok kanan atas, lalu klik “My Channel”.

5. Mengisi Nama Channel

Setelah menu “My Channel” di klik, maka selanjutnya kita disuruh mengisi nama Channel yang terdiri dari nama depan dan nama belakang. Kemudian klik tombol “Create Channel”. Owh yah, kami sarankan untuk memilih nama Channel yang menarik dan mudah diingat, sehingga nantinya pengunjung tidak bingung saat ini kembali menonton video yang kita unggah. Sobat bisa menggunakan nama sendiri atau brand perusahaan.

6. Channel Youtube Sudah Jadi

Yah, cara membuat Channel Youtube memang simple. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kita sudah bisa membuat channel Youtube sendiri. Pada halaman tersebut juga tersedia dua menu, yakni Customize Channel dan Youtube Studio Beta. Kedua menu tersebut memiliki fungsi berbeda. Dimana Customize Channel digunakan untuk mengisi informasi mengenai Channel Youtube yang kita buat, seperti diskripsi Channel, email bisnis, lokasi, serta link website. Sedangkan Youtube Studio (Beta) merupakan dashboard yang nantinya kita gunakan untuk mengupload video serta beragam pengaturan lainnya.

7. Kustomisasi Channel Youtube

Nah bagi yang ingin terlebih dahulu mengkustomisasi Channel Youtube yang dibuat, maka silahkan klik tombol “Customize Channel”. Setelah masuk ke halaman kustomisasi, yang pertama harus dilakukan adalah menambahkan Channel Art atau Banner. Sobat bisa menunggah foto sendiri dengan ukuran 2560 x 1440 pixels atau memilih foto yang sudah disediakan Youtube.

8. Mengisi Diskripsi Channel

Cara Membuat Channel YoutubeLangkah selanjutnya tinggal mengisi diskripsi channel. Caranya klik menu “About”, lalu pada pada menu tersebut tersedia kolom diskripsi yang bisa kita isi dengan penjelasan mengenai apa saja konten yang kita buat ataupun beragam informasi lainnya. Pada menu tersebut juga tersedia pilihan lokasi, serta link website. Sobat juga bisa menambakan alamat email yang nantinya digunakan untuk kebutuhan bisnis. Siapa tahu ada yang berniat kerja sama atau ingin menghubungi kita terkaik konten yang diunggah.

9. Mengatur Settingan Channel

Cara Membuat Channel YoutubeSetelah mengikuti semua cara membuat channel Youtube di atas, langkah selanjutnya adalah mengatur settingan channel. Caranya adalah klik tombol gerigi yang berada dibagian samping tombol subscribe. Secara otomatis akan keluar sebuah pop-up yang berisi beberapa pengaturan privacy dan kustomisasi. Sobat bisa memilih untuk menyembunyikan semua video, playlist, serta jumlah subscriber agar hanya bisa terlihat oleh diri kita sendiri (private). Selah itu, tersedia pula pengaturan untuk memperlihatkan tab diskusi serta pengaturan lebih lanjut tentang Channel yang kita miliki.

10. Mulai Upload Video

Cara Membuat Channel YoutubeMasih banyak pengaturan lainnya yang bisa sobat coba satu persatu. Dari pada kita bahas satu persatu apa saja settingan yang disediakan, lebih baik kita membahas bagaimana cara upload video di Youtube. Untuk caranya adalah klik tombol kamera pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih “Upload Video”. Setelah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah disuruh untuk memilih video yang akan diunggah. Kemudian memilih pengaturan video yang terdiri dari Public, Unlisted, Private, dan Shedule

11. Proses Upload Video

Cara Membuat Channel YoutubeSilahkan tunggu sampai video terupload 100%, lalu isikan judul, diskripsi, dan tags. Kemudian klik menu “Advance Setting” dan isikan kategori video serta bahasanya. Sobat juga bisa mengatur apakah komentar video akan ditampilan atau tidak. Selain itu, tersedia pula pengaturan translate dan beragam pengaturan lainnya yang bisa masbro pilih sesuai kebutuhkan. Setelah itu klik tombol “Publish”, dan video secara otomatis sudah diunggah ke channel Youtube.

12. Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Cara Membuat Channel YoutubeNah setelah mengetahui cara membuat Channel Youtube 2019, sekarang mari kita membahas mengenai cara mendapatkan uang dari Youtube. Sayangnya kita tidak bisa langsung mendapatkan uang, karena harus melewati beberapa proses hingga akhirnya video yang diunggah bisa dimonetisasi atau dipasangi iklan. Syarat agar bisa dimonetsasi juga cukup berat. Nah untuk mengetahui apa saja syaratnya, silahkan simak dibawah ini.

  • Channel yang dimonetisasi setidaknya harus memiliki jam tayang setidaknya 4.000 jam dalam 12 bulan sebelumnya
  • Jumlah subscriber minimal 1.000 pelanggan
  • Video yang diunggah tidak boleh melanggar hak cipta dan memenuhi standar yang ditetapkan pihak Youtube

Peraturan mengenai 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan Youtube untuk meningkatkan kualitas konten yang nantinya bisa dimonetisasi. Sebelumnya kita bisa dengan mudah mendapatkan uang dari Youtube tanpa perlu memenuhi persyaratan di atas. Namun sekarang peraturannya sudah berubah, jadi mau tak mau kita harus meningkatkan kualitas konten agar banyak yang menonton dan menjadi subscriber channel Youtube yang kita miliki.

Apabila semua syarat di atas telah terpenuhi, maka sobat tinggal melakukan proses monetisasi melalui link berikut https://www.youtube.com/account_monetization. Nantinya kita disuruh untuk terlebih dahulu mendaftar Google Adsense atau mengakitkan akun Google Adsense yang kita miliki ke Channel Youtube. Kemudian untuk proses pembayarannya dikirim melalui rekening yang kita kaitkan pada Google Adsense.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Harga Hp HTC 4G LTE HP RAM 6GB 2 Juta
Harga HP OnePlusHarga Tablet Evercross

Menghasilkan uang dari Youtube tidak semudah membalikan telapak tangan. Padahal cara mendaftar Youtube tergolong mudah dan cepat. Semua proses tersebut harus sobat jalani hingga akhirnya bisa berkarir menjadi seorang Youtuber. Walaupun prosesnya tak mudah, namun apabila didasari niat untuk berkarya, maka hasilnya tak akan membohongi proses yang sudah kita lewati. Nah demikianlah informasi cara mendaftar Youtube kali ini. Semoga tips internet di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement