Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Tanpa Aplikasi Khusus

Advertisement

Cara melacak Hp yang hilang tanpa aplikasi khusus – Smartphone merupakan salah satu barang elektronik yang saat ini cukup popule di Negara kita. Bukan hanya digunakan sebagai alat bantu telekomuniksi jarak jauh saja, namun smartphone saat ini berubah menjadi sebuah barang yang multifungsi. Hal ini tentu saja membuat harga Hp Android saat ini terbilang cukup mahal.

Untuk memiliki Hp android dengan spesifikasi yang tangguh dalam bermultitasking kita harus merogoh kocek mulai dari Rp 2 jutaan hingga puluhan juta. Namun, kami sarankan untuk membeli Hp android sesuai dengan kebutuhan saja. Sementara itu, dengan harga Hp android yang mahal membuat para oknum yang tidak bertangguh jawab selalu mengintai barang elektronik yang satu ini.

Ya, selain mudah untuk di jual barang elektornik yang satu ini juga memiliki harga jual yang sangat bagus dipasaran. Namun, untuk mengatasi hal tersebut saat ini banyak smartphone android yang dilengkapi degan aplikasi khusus untuk melacak Hp android yang hilang dicuri. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sedikit cara melacak Hp android yang hilang tanpa aplikasi khusus, dan berikut informasinya.

Advertisement

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Tanpa Aplikasi

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang

Kehilangan sebuah smartphone memang suatu kerugian yang cukup besar bagi kita, bukan hanya harga smartphone yang kita beli saja namun beberapa file penting yang ada pada smartphone tersebut juga ikut hilang. Namun, kabar gembiranya kita bisa melacak Hp android yang hilang tersebut dengan menggunakan aplikasi seperti cara melacak Hp hilang dengan IMEI dan juga cara melacak Hp hilang dengan GPS. Tapi kali ini kami akan mengulas sedikit cara melacak Hp android yang hilang tanpa aplikasi, berikut infomasi lengkapnya.

1. Menggunakan Google Maps

Google Mapss

Advertisement

Cara yang pertama untuk melacak Hp android yang hilang tanpa aplikasi ialah dengan menggunakan Google Maps. Akan tetapi untuk menggunakan Google Maps ini ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh pemiliki Hp andorid tersebut. Beberapa syarat tersebut adalah :

  • Perangkat android anda terhubung langsung dengan akun Google anda.
  • Perangkat android anda terhubung dengan internet.
  • Dan selanjutnya, Location Reporting dan Location History di Google setting dalam keadaan ON.

Fitur dengan nama Location History yang diterdapat pada Google Maps memang tidak dibuat untuk melacak Hp android yang hilang. Tapi, hanya untuk merekam lokasi perjalanan anda. Akan tetapi anda tetap bisa mengakalinya untuk mencari Hp android yang hilang tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian hanya perlu buka Google Maps Loction History kemudian klik “Show Timestamps” yang berada dibawah kalender untuk melihat daftar waktu dimana lokasi Android anda tercatat. Bukalah satu pes satu daftar tersebut untuk melihat dimana saja perangkat tersebut pernah berada.

Nah guys, tidak seperti Android Device Manager yang menggunakan GPS untuk melakukan tracking, Location History hanya menggunakan laporan lokasi dari Wifi ataupun tower BTS. Dengan bergitu tingkat keakurasian fitur ini mungkin agak kurang tepat.

Salah satu keuntungan dengan menggunakan Location History adalah kemampuan untuk melacak lokasi android secara otomatis pada setiap periode waktu tertentu. Dan jika Hp android anda dicuri, maka anda bisa memantau tempat mana saja yang sering dikunjungi untuk dicurigai sebagai tempat dari si pelaku.

2. Menggunakan Plan B

Plan B

Untuk cara melacak Hp android yang hilang tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan menggunakan Plan B. Sama seperti menggunakan Google Maps, untuk menggunakan Plan B juga ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :

  • Perangkat Android anda terhubung langsung dengan akun Google anda.
  • Perangkat Android anda terhubung dengan internet.

Nah, perlu diperhatikan apabila perangkat android yang hilang masih berjalan pada sistem operasi android 2.0 sampai 2.3, maka gunakanlah aplikasi Plan B. Namun sebelumnya kalian harung mengunduh aplikasi ini dan menginstaslnya di smartphone.

Cara menginstal aplikasi ini sama seperti menginstal aplikasi Android Lost, tapi anda tidak perlu melakukan aktivasi. Dan setelah terinstal aplikasi ini akan memberikan informasi melalui Gmail secara otomatis setiap 10 menit. Selain itu anda juga bisa mengetahui secara manual dengan cara mengirim SMS dengan ini “locate”, keperangkat android yang hilang tersebut.

3. Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager

Berikutnya adalah dengan cara menggunakan Android Device Manager. Untuk menggunakan fitur ini juga ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh para pengguna smarphone. Dan beberapa syarat tersebut adalah :

  • Perangkat Android harus terhubung dengan akun Google anda.
  • Perangkat Android juga harus terhubung dengan Internet.
  • Menyeting Android Device Manager (ADM) untuk melacak perangkat android anda (sudah ON secara default)
  • Menyeting ADM untuk mengunci dan menghapus data didalamnya (OFF secara default)

Android Device Manager merupakan fitur resmi dari Google untuk melacak smartphone dan tablet android. Fitur ini biasanya sudah tersedia langsung disetiap perangkat android sehingga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Untuk mengaturnya anda tinggal membuka google setting kemudian pilih opsi Android Device Manager.

Untuk melacak perangkat android yang hilang ada situs resminya melalui perangkat PC atau Mobile. Anda juga bisa melacaknya dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager diperangkat android yang lainya dengan cara :

  • Download Aplikasi ADM di Google Playstore.
  • Sign in dengan menggunakan guest mode menggunakan akun google anda.
  • Mulailah melacak perangkat android anda. Selain melacak, anda juga bisa menyembunyikan ringtone ataupun menghapus semua data yang ada didalamnya.

Nah, jika perangkat android tersebut tidak dapat dilacak kemungkinan besar perangkat android tersebut tidak terhubung dengan internet, dimatikan ataupun direset dengan diganti dengan akun google lainya. Inilah salah satu kelemahan dari ADM, namun anda dapat terus melacak hingga perangkat android anda bisa ditemukan kembali.

4. Menggunakan Dropbox

DropBox

Nah, cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan Dropbox. Untuk menggunakan fitur ini juga ada beberapa syarat yang harus kalian lakukan. Berikut adalah syarat yang perlu anda perhatikan dengan menggunakan Dropbox.

  • Perangkat android anda harus terhubung dengan internet.
  • Fitur “Camera Upload”, di Dropbox sudah aktif.

Jika perangkat android yang hilang tersebut sudah terinstal dengan Dropbox dan anda sudah mengaktifkan fitur “Camera upload”, maka anda bisa mengakalinya untuk melacak perangkat android yang hilang tersebut.

Dengan fitur tersebut aplikasi Dropbox akan langsung mengupload semua foto yang diambil oleh perangkat android tersebut. Dengan begitu anda bisa mengetahui siapa yang sedang menggunakannya atau melacak keberadaaanya jika anda mengetahui tempat diambilnya foto tersebut.

5. Menggunakan Android Lost

Android Lost

Dan untuk cara yang berikutnya ialah dengan menggunakan fitur Android Lost. Sama seperti fitur yang lainya, dengan menggunakan Android Lost juga harus memiliki beberapa syarat tertentu. Dan berikut adalah syarat menggunakan android Lost :

  • Perangkat android harus terhubung dengan akun Google.
  • Perangkat android harus terhubung dengan Internet.

Untuk cara yang selanjutnya ialah dengan menginstal aplikasi Android Lost di perangkat android yang hilang tersebut. Android Lost memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan dengan ADM, sehingga tingkat keberhasilan melacaknya pun akan lebih tinggi. Berikuit adalah langkah-langkah menggunakan Android Loast :

  1. Langkah yang pertama adalah install aplikasi android lost. Dalam langkah ini kalian hanya perlu membuka Google Playstore di PC, lalu Log in dengan akun Google anda kemudian install aplikasi Android Lost.
  2. Berikutnya adalah kalian harus mengaktifkan Android Lost. Yakni setelah aplikasi terinstal, kirimkan SMS dengan isi “androidlost register”, ke nomor android yang hilang tersebut untuk melakukan aktivasi secara otomatis. Anda dapat mengirimkan SMS¬† dari perangkat dan nomor mana saja.
  3. Langkah yang ketiga buka situs android lost kemudian Log in dengan menggunakan akun Google anda. Setelah itu anda dapat mengakses dan mengontrol aktivasi perangkat android yang hilang tersebut seperti : Membaca SMS yang masuk, Menyalakan alarm dengan layar yang berkedip, Menunjukan lokasi perangkat, Mengunci dan membuka kunci, Menghapus semua data yang ada didalamnya, Menghapus SD Card dan Memotret dengan kamera depan atau belakang.

Semua fitur dan fungsi tersebut tentunya hanya akan dapat berjalan jika ada perangkat android yang hilang tersebut terhubung ke internet dan masih menggunakan akun google anda. Dan jika si pencuri sudah merubahnya maka secara otomatis aplikasi ini tidak akan berguna.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Aplikasi Penghasil UangAplikasi Donwload Lagu MP3
Aplikasi Gempa Bumi AndroidAplikasi Baca Novel Gratis

Nah, sobat ponseli.com itulah beberapa ulasan mengenai cara melacak Hp android yang hilang tanpa aplikasi khusus. Dengan cara-cara mudah diatas semoga saja kalian yang kehilangan smartphone akan bisa kembali dalam kondisi yang utuh. Demikian infromasi dari kami semoga bermanfaat bagi kalian semua.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement