Cara Daftar SMS Banking BRI dan Format SMS Lewat Hp

Advertisement

Cara Daftar SMS Banking BRI – Bank BRI memiliki layanan perbankan berupa SMS Banking. Layanan tersebut memudahkan pemilik rekening BRI untuk transfer uang ke sesama rekening BRI ataupun transfer ke bank lain.

Selain itu, SMS Banking BRI juga bisa digunakan untuk cek saldo dan membeli pulsa serta token listrik. Sayangnya layanan ini tidak bisa langsung digunakan, karena harus terlebih dahulu mendaftar melalui ATM.

Ada dua jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui SMS Banking BRI, yakni transaksi finansial dan non-finansial. Nah agar bisa transaksi finansial, maka pemilik rekening wajib melakukan aktivasi di kantor cabang.

Advertisement

Nah untuk mengetahui step-by-step cara daftar SMS Banking BRI mulai dari pendaftaran di ATM dan aktivasi di kantor cabang silahkan simak informasi ponseli.com berikut ini.

Cara Daftar SMS Banking BRI di ATM

Cara Daftar SMS Banking BRISeperti yang kami sampaikan di atas, cara daftar SMS Banking BRI harus melalui mesin ATM BRI. Proses pendaftaran ini bertujuan untuk mendaftarkan nomor handphone agar bisa digunakan untuk bertransaksi.

Nomor handphone yang didaftarkan bisa dari hampir semua provider di Indonesia, seperti Telkomsel (Simpati, Kartu AS, Loop, Kartu Halo), Indosat (IM3, Mentari, Martrix), XL, Tri, Axis, dan pastinya Smartfren.

Advertisement

Sebelum daftar sms banking lewat ATM pastikan rekening tabungan yang dimiliki merupakan tabungan BRI Britama, Britama Junio, Simpedes, dan Giro (Perorangan).

Selain itu, kartu ATM BRI yang dimiliki wajib dalam status aktif. Jika tidak aktif maka harus terlebih dahulu mengaktifkannya di kantor cabang.

Setelah memahami syarat daftar SMS Banking BRI maka langkah selanjutnya tinggal datang ke ATM BRI terdekat dan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

YouTube video
  1. Silahkan datang ke ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM BRI yang statusnya aktif
  2. Kemudian masukan kartu ATM dan masukan 6 digit PIN.
  3. Selanjutnya memiliki bahasa yang digunakan, Indonesia atau Inggris
  4. Setelah masuk ke menu ATM, kemudian pilih “Menu Lainnya
  5. Lalu pilih menu “Registrasi Info Lain
  6. Kemudian akan muncul Internet Banking dan Mobile Banking. Nah untuk mengaktifkan SMS Banking harus memiliki menu “Mobile Banking
  7. Langkah selanjutnya tinggal menginputkan nomor handphone yang akan digunakan untuk bertransaksi via SMS Banking.
  8. Pastikan nomor handphone yang dimasukan sudah benar. Setelah itu kita harus membuat 6 Digit Pin Mobile Banking BRI.
  9. Masukan sekali lagi 6 digit pin untuk konfirmasi.
  10. Tunggi beberapa saat, dan setelah itu struk akan keluar dan bertulisan bahwa registrasi mobile banking BRI telah berhasil.

Sampai langkah ini pendaftaran SMS Banking BRI telah berhasil. Namun hanya sebatas untuk trasanksi non-finansial seperti cek saldo. Apabila ingin menggunakan sms banking untuk transfer dan beli pulsa, maka harus aktivasi transaksi finansial di kantor cabang BRI terdekat.

Cara Aktivasi Transaksi Finansial

Salah satu fitur penting dari sms banking BRI adalah bisa transfer ke sesama BRI ataupun beda bank dari hp. Yah, kita tidak perlu lagi ke ATM apabila sudah memiliki sms banking.

Namun cara transfer sms banking BRI membutuhkan aktivasi melalui unit kerja atau kantor cabang BRI terdekat. Apabila tidak diaktivasi, maka hanya bisa untuk cek saldo saja.

Cara akvitasi sms banking di kantor cabang sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengisi formulir registrasi SMS Banking dengan melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotokopi foto kartu ATM BRI.

Petugas akan membantu proses aktivasi sms banking hingga berhasil. Setelah itu kita bisa langsung menggunakan sms banking untuk transfer, cek saldo, beli pulsa, dan beli pulsa token listrik.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara daftar SMS Banking BRI. Silahkan kalian mengikuti tutorial di atas agar bisa menggunakan layanan perbankan tersebut. 

Format SMS Banking BRI

Format SMS Banking BRITransaksi melalui SMS Banking harus menggunakan format khusus. Kalian wajib mengetahui format SMS Banking BRI agar bisa transfer maupun cek saldo.  Nah untuk mengetahui formatnya silahkan simak di bawah ini.

1. Format Transfer ke Sesama Rekening BRI

FormatTRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
ContohTRANSFER BRI123451234567890 500000 123456

2. Format Transfer ke Bank Lain

FormatTRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
ContohTRANSFER 011394930030403 5000000 123456

3. Format Cek Saldo SMS Banking BRI

FormatSALDO <spasi> PIN
ContohSALDO 123456

4. Format Beli Token Listri

FormatBELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
ContohBELI PLNPRE 0140037652221 200000 123456

5. Format Beli Pulsa

FormatPULSA <spasi> Nomor HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
ContohPULSA 0812902920494 100 123456 (untuk Rp100.000)

Semua format sms banking BRI di atas dikirim ke nomor 3300

Pastikan kalian memahami format di atas saat bertransksi. Apabila formatnya salah, pasti transaksi sms banking akan gagal. Kegagalan bertransksi juga bisa disebabkan oleh pulsa yang tidak mencukupi. Sebab transaksi via sms banking tidaklah gratis. Lalu berapa biayanya?

Biaya SMS Banking BRI

Soal biaya tak perlu khawatir, karena biaya yang dibutuhkan hanyalah biaya kirim dan terima sms saja. Paling tidak kalian menyiapkan pulsa minimal Rp. 1.000 per transaksi.

Namun untuk transfer ke bank lain akan dibebankan biaya transfer sebesar Rp. 6.500 di tambah biaya SMS. Yah, transaksi lewat sms banking memang tidak gratis.

Meskipun tidak gratis, namun layanan ini akan memudahkan pemilik rekening untuk bertransaksi tanpa perlu pergi ke atm. Transaksi bisa langsung dari semua jenis handphone, baik itu Android, iPhone, ataupun Featured Phone.

Sebenarnya bank BRI juga memiliki layanan Internet Banking dan aplikasi Mobile Banking. Namun layanan tersebut membutuhkan koneksi internet sehingga cukup menyusahkan saat berada di lokasi yang tidak tercover jaringan internet.

Oleh karena itulah kami lebih memilih transaksi menggunakan SMS Banking. Sebab layanan tersebut bisa diakses dimanapun dan kapanpun di semua handphone.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Upgrade OS AndroidCara Daftar Mandiri Online
Cara Mendapatkan Kuota Gratis 3Cara Mengecek Nomor Axis

Nah demikianlah informasi seputar cara daftar SMS Banking BRI. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk bertransksi secara mudah dan cepat.

Pertanyaan Seputar SMS Banking BRI

Apa Itu SMS Banking?

SMS Banking adalah layanan perbankan yang menggunakan SMS untuk bertransaksi

Apa Saja Fitur SMS Banking BRI

SMS Banking BRI memiliki fitur transfer, cek saldo, beli pulsa, dan beli token listrik

Bagaimana Cara Daftar SMS Banking BRI

Pendaftaran bisa dilakukan melalui ATM dan untuk transaksi finansial harus registrasi terlebih dahulu ke kantor cabang

Apakah Bisa Daftar SMS Banking BRI Lewat hp Android?

Sayangnya tidak bisa, karena pendaftaran SMS Bangkin harus melalui ATM

Berapa Biaya Transfer SMS Banking BRI

Biaya transfer ke sesama adalah gratis. Sedangkan untuk transfer ke rekening selain BRI dikenakan biaya adminstrasi sebesar Rp. 6.500. Selain itu, sms banking BRI juga dikenakan biaya pulsa dengan tarif seesuai operator yang digunakan

Apakah Bisa Cek Saldo

Sangat bisa, caranya adalah dengan ketik SALDO <spasi> PIN lalu kirim ke nomor 3300

Advertisement

Seoarang wanita yang memiliki passion dalam menulis dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar tidak kudet dan selalu uptodate