Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp Android 2019

Advertisement

Cara cek tagihan listrik online lewat hp Android sangatlah mudah. Sobat bisa melakukannya melalui SMS ataupun aplikasi Android. Pengecekan tagihan listrik memang dibutuhkan agar nantinya bisa memantau pemakaian listrik setiap harinya, sehingga menghindari tagihan membengkak yang ujung-ujungnya membuat kelapa pusing tujuh keliling. Terlebih tarif dasar listrik terus mengalami kenaikan yang otomatis membuat tagihkan listrik semain besar.

Pemerintah sudah berkomitmen untuk mencabut subsidi listrik bagi masyarakat Indonesia kelas menengah ke atas. Subsidi hanya diberikan untuk masyarakat miskin yang benar-benar membutuhkan. Keputusan tersebut sudah sangat tepat agar subsidi listrik tepat sasaran. Nah bagi yang saat ini masih memakai listrik bersubsidi ataupun non-subsidi, maka harus membayar listrik tepat waktu. Pasalnya apabila telat, maka bisa mengakibatkan listrik dicabut.

Owh yah perlu kami ingatkan, bahwasanya ada dua jenis layanan PLN, yakni prabayar dan pascabayar. Kedua layanan tersebut memiliki sistem berbeda. Dimana untuk prabayar mengharuskan kita terlebih dahulu membeli token listrik agar listrik dapat menyala. Sedangkan listrik pascabayar memungkinkan kita membayar tagihan listrik di akhir bulan atau istilahnya pakai dulu baru bayar. Kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, dan untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini.

Advertisement

Perbedaan Listrik Prabayar dan PascabayarCara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp

Listrik Prabayar

Kelebihan listrik Prabayar adalah kita bisa mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya. Pasalnya kita harus terlebih dahulu membeli Token Listrik yang nantinya dihitung per kWh. Sobat bisa membeli token listrik mulai 20 Ribu Rupiah. Namun bagi yang memiliki peralatan elektronik banyak, kami yakin token 20 Ribu tidak akan cukup. Paling tidak sobat harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 100-200 Ribu untuk membeli Token Listrik setiap bulannya.

Untuk mengecek pemakaian listrik prabayar bisa melihatnya secara langsung di meteran. Hal berbeda terjadi saat sobat mengecek tagihan listrik pascabayar, karena pada meteran tidak akan terlihat berapa total tagihan setiap bulannya. Nah apabila token sudah menipis kurang dari 5%, maka akan muncul bunyi beep yang menandakan bahsa sobat harus segera membeli token listrik agar bunyi beep berhenti.

Bunyi beep yang keluar dari meteran cukup menggangu. Namun hal tersebut sangat penting agar kita tidak sampai kehabisan token listrik. Jika sampai token habis, maka listrik akan langsung mati dan hanya bisa menyala jika kita mengisinya kembali. Inilah salah satu kekurangan listrik prabayar, karena sewaktu-waktu listrik bisa mati. Nah, untuk mencegah hal itu kami sarankan untuk selalu mengecek sisa pemakain token agar tidak sampai kehabisan.

Advertisement

Listrik Pascabayar

Sayangnya saat ini hampir semua pemasangan listri baru harus menggunakan listrik prabayar. Kami yakin banyak orang yang kurang menyukai layanan listrik PLN tersebut dan lebih memilih listrik pascabayar yang memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah tidak perlu membeli token dan proses pembayarannya dilakukan setiap bulan, jadi tak perlu takut kehabisan listrik secara tiba-tiba.

Namun dibalik kelebihan listrik pascabayar di atas, sobat harus sia-siap dikenakan pemutusan listrik apabila tidak membayar tepat waktu. Kekurangan lainnya adalah tagihan yang bisa membengkak dikarenakan kita tidak bisa mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya. Nah agar tidak kaget saat membayar tagihan listrik, kami sarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan.

Untuk mengecek tagihan listrik pascabayar bisa dilakukan secara online lewat Hp Android. Saat ini tersedia beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik setiap bulannya. Selain itu, sobat juga bisa mengecek melalui SMS dan telepon. Nah untuk mengetahui bagaimana cara cek tagihan listrik online lewat hp Android, silahkan simak informasi ponseli.com berikut ini.

Tutorial Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp

1. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Hp Android

Aplikasi Cek Tagihan Listrik Online Lewat HpCara cek tagihan listrik online lewat hp yang pertama adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile yang merupakan aplikasi resmi dari pihak PLN. Aplikasi Android tersebut memungkinkan kita mengecek tagihan listrik yang belum dibayarkan. Selain itu, tersedia pula beragam fitur lainnya, seperti transaksi token, riwayat pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran melalui banking terdekat serta info status/progres permohonan dan pengaduan. Nah untuk mendapatkan aplikasi PLN Mobile, sobat bisa mengunduhnya di Google Play Store melalui link dibawah ini.

Advertisement
PLN Mobile
PLN Mobile
Developer: P L N
Price: Free

Cara Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

  1. Silahkan download dan instal terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile
  2. Kemudian buka aplikasi PLN Mobile. Saat pertama kali membukanya kita disuruh login terlebih dahulu.
  3. Silahkan sobat mendaftar akun PLN Mobile atau memilih menu Masuk Tanpa Login agar tidak perlu mendaftar terlebih dahulu
  4. Kemudian buka menu “Informasi“, lalu pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik“.
  5. Selanjutnya akan muncul menu pop untuk mengisikan nomor Id Pelanggan atau Nomor Meteran.
  6. Setelah diisi, kemudian klik tombol “Cek Tagihan” dan akan muncul informasi mengenai tagihan listrik yang belum dibayar.

2. Cara Mengecek Tagihan Listrik Lewat iPhone

Download PLN Mobile iOSAplikasi PLN Mobile tak hanya tersedia pada Android, namun juga untuk iPhone. Fungsinya sama saja dengan versi Android, yakni untuk cek tagihan listrik lewat hp. Menariknya lagi, aplikasi tersebut menyediakan menu permohonan pasang baru, mutasi, hingga permohonan penerangan sementara. Semua fitur tersebut akan memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar PLN, jadi sobat tak perlu ragu mengunduhnya.

PLN Mobile
PLN Mobile
Developer: PT PLN
Price: Free

Cara cek tagihan listrik online di hp tersebut sama saja dengan di Android. Yang harus dilakukan pertama kali adalah menginstal aplikasi PLN Mobile. Setelah terinstal, kemudian sobat membuka aplikasi tersebut dan bisa memilih untuk terlebih dahulu mendaftar atau langsung masuk tanpa login. Langkah selanjutnya tinggal memilih memiliki Informasi Tagihan dan Token Listrik, lalu masukan nomor meteran dan secara otomatis akan muncul tagihan listrik yang harus dibayarkan.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat SMSNah bagi sobat yang memakai smartphone jadul dan tidak bisa menginstal aplikasi di atas, maka bisa memilih cara cek tagihan listrik PLN lewat SMS. Tersedia dua opsi pengecekan, yakni pengecekan dalam kurun waktu satu bulan dan opsi pengecekan berlangganan. Sayangnya cara cek tagihan listrik lewat hp tersebut dipungung biaya untuk satu kali pengiriman SMS, jadi lebih baik cara cek tagihan listrik online lewat hp Android ataupun iPhone yang bisa kita gunakan secara gratis selama terhubung ke Internet. Namun bagi yang lebih memilih pengecekan melalui SMS, silahkan simak caranya dibawah ini.

Cek Tagihan Listrik Per Bulan

Pengecekan tagihan listrik per bulan lewat SMS bisa dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor ke 8123. Adapun format SMS-nya adalah sebagai berikut

Format : REK (spasi) No ID Pelanggan

Silahkan masbro ketikan format di atas, lalu kirimkan ke 8123. Nah untuk contohnya adalah sebagai berikut “REK 1234567891012”, lalu kirim ke 8123

Cek Tagihan Listrik Berlangganan

Kemudian bagi yang memilih untuk berlangganan informasi tagihan listrik setiap bulannya, maka bisa mengetikan SMS dengan format sebagai berikut.

PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123. Contohnya adalah “PLN ON 1234567891012”, lalu kirim ke 8123

Dengan mengirim SMS di atas maka nantinya kita akan mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik setiap bulannya. Namun setiap ada SMS masuk kita akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500 (Belum Termasuk PPN 10%). Nah apabila ingin berhenti berlangganan, maka cukup mengirimkan SMS sebagai berikut.

PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123. Contohnya adalah “PLN OFF 1234567891012”, lalu kirim ke 8123

4. Megecek Tagihan Listrik Via Telepon

Cek Tagihan Listrik PLN Via TeleponSelain, cara cek tagihan listrik online lewat hp, Pengecekan tagihan listrik bulanan juga bisa dilakukan melalui panggilan telepon. Caranya adalah dengan menghubungi Customer Service PLN dan bertanya mengenai tagihan listrik yang belum dibayarkan. Nantinya Customer Service akan menjelaskan kepada kita semua mengenai besaran biaya tagihan yang harus dibayarkan. Cara cek tagihan listrik lewat hp tersebut memang sangat mudah, dan bisa dilakukan disemua handphone.

Bagi sobat yang tertarik mencoba cara cek tagihan listrik di atas, maka caranya adalah dengan menghungi call center PLN di nomor 123 dan jangan lupa untuk mencantumkan kode area. Sebagai contoh untuk wilayah Purwokerto adalah (0281) 123. Menariknya lagi, sobat bisa menelpon Call Center kapan saja, karena layanan tersebut tersedia selama 24 Jam. Sayangnya panggilan tersebut tidak gratis dan dikenakan biaya sesuai tarif normal masing-masing operator.

5. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Tokopedia

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Tokopedia¬†Satu lagi cara cek tagihan listrik online lewat hp, yakni menggunakan layanan tagihan listrik Tokopedia. Seperti yang kita ketahu bersama, Tokopedia merupakan salah satu market place terbesar di Indonesia. Tokopedia memiliki banyak sekali layanan, dan salah satunya adalah layanan pengecekan dan pembayaran tagihan listrik. Jadi masbro tak hanya bisa mengecek, namun juga bisa langsung membayarnya. Nah bagi yang ingin mencobanya, silahkan buka menu tagihan listrik Tokopedia melalu link berikut ini “Cek Tagihan Listrik Tokopedia“. Selain itu, sobat juga bisa mengaksesnya secara langsung melalui aplikasi Tokopedia yang bisa diunduh di Google Play Store ataupun Appl Store

6. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Bukalapak

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat BukalapakTak hanya Tokopedia, beberapa marketplace ternama juga menyediakan layanan cek tagihan listrik, dan salah satunya adalah Bukalapak. Kami sendiri sangat menyukai layanan tersebut, karena mempermudah proses pengecekan dan pembayaran. Keuntungan lainnya jika membayar tagihan listrik melalui Bukalapak adalah bisa mendapatkan Cashback sesuai dengan promo yang sedang berlaku. Cashback yang diberikan cukup besar, dan nantinya bisa kita gunakan untuk membayar tagihan listrik bulan berikutnya. Bagi yang penasaran ingin mencobanya silahkan buka Aplikasi Bukalapak atau melalui Browser dengan alamat sebagai berikut “Cek Tagihan Listrik Bukalapak

7. Mengecek Dengan Aplikasi Tagihan Listrik

Aplikasi Tagihan ListrikAda beberapa aplikasi cek tagihan listrik online, dan salah satunya adalah aplikasi Tagihan Listrik yang dibuat oleh Mberu Studio. Kelebihan aplikasi tersebut adalah ukurannya sangat kecil, yakni 3.1 mb sehingga ringan saat berjalan pada smartphone Android. Cara cek tagihan listrik online lewat hp Android dengan aplikasi tersebut juga sangat mudah. Sobat tak perlu mendaftar dan tinggal memasukan nomor ID Pelanggan atau nomor metereran, dan secara otomatis akan muncul informasi tagihan listrik yang harus dibayar.

Tagihan Listrik
Tagihan Listrik
Developer: Mberu Studio
Price: Free

8. Mengecek Dengan Aplikasi Tagihan PLN

Aplikasi Cek Tagihan Listrik BulananCara cek tagihan listrik online lewat hp selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Android bernama “Tagihan Pln”. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store. Nah yang menarik dari aplikasi tersebut adalah memiliki fitur pengingat tagihan yang akan memberikan notifikasi apabila tagihan listrik belum dibayarkan. Selain itu, tersedia pula fitur untuk mengecek history penggunaan token pelanggan PLN Prabayar dan beragam fitur lainnya yang bisa sobat nikmati apabila mendownload dan menginstal aplikasi Tagihan PLN.

Tagihan PLN
Tagihan PLN
Price: Free

9. Aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan

Aplikasi Bayar Tagihan ListrikNah itulah beragam cara cek tagihan listrik online lewat hp Android ataupun iPhone dan smartphone jadul. Silahkan sobat mencoba salah satu cara cek tagihan listrik online yang kami sampaikan di atas agar bisa mengetahui seberapa besar tagihan listrik yang harus dibayarkan dan agar tidak telat membayarnya. Sebagai alternatif, sobat juga bisa mencoba beberapa aplikasi cek tagihan listrik berikut ini.

Daftar Aplikasi Cek Tagihan Listrik Online
1. Cek Tagihan Listrik Bulanan
2. Cek Tagihan Listrik PLN
Cek Tagihan Listrik PLN
Cek Tagihan Listrik PLN
3. Cek Tagihan Listrik Online Cepat
4. Tagihan Listrik Bulanan PLN
Tagihan Listrik Bulanan PLN
Tagihan Listrik Bulanan PLN
5. Info Tagihan Listrik
6. Cek Tagihan PLN & Reminder
7. Cek Tagihan Bulanan PLN

Semua aplikasi cek tagihan listrik online di atas dapat didownload secara gratis di Google Play Store. Namun aplikasi Android tersebut bukanlah aplikasi resmi yang dibuat oleh Pihak PLN. Pasalnya PLN hanya memiliki satu aplikasi cek tagihan listrik online, yakni PLN Mobile. Jadi bagi sobat yang memilih aplikasi resmi PLN maka bisa menginstal PLN Mobile.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Aplikasi Adzan OtomatisAplikasi Editing Video
Aplikasi Nama Anak IslamiCara Memperbaiki Flasdisk Yang Mati

Membayar listrik tepat waktu sudah menjadi kewajiban semua pelanggan PLN pascabayar. Apabila telat membayar, nantinya pihak PLN akan mengenakan denda dan melakukan pemutusan listrik jika telat beberapa bulan. Nah dengan informasi cara cek tagihan listrik online lewat hp di atas, kami berharap pembaca setia ponseli.com bisa membayar lisrik secara tepat waktu. Cukup sekian informasi teknologi yang kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Advertisement