Cara Cek IMEI Xiaomi Resmi Atau Ilegal Paling Mudah 2019

Advertisement

Cara Cek imei Xiaomi 2019 – Identitas sebuah semartphone bisa di ketahui dengan adannya 14 hingga 16 digit angka yang dibawannya. International Mobile Equipment Identity atau IMEI merupakan kumpulan kode yang berisi identitas smartphone dan dijamin berbeda setiap HP.

Belum lama ini pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika (KEMENKOMINFO) memberikan penjelasan menggenai pelarangan pembelian ponsel luar negeri yang merujuk pada autan IMEI terbaru. Peraturan-Peraturan tersebut dipertegas dengan diberlakukan pembelokiran terhadap SEMUA HP pada tanggal 17 Agustus 2019 yang terbukti bukan smartphone resmi.

Demi mengurangi kerugian negara atas hadirnya ponsel ilegal, kemkoninfo akan bekerjasama dengan kementerian perindustrian dan perdagangan untuk memperkuat payung hukun IMEI tersebut. Pastinya banyak sekali sobat PONSELI.COM yang ragu akan smaretphone yang dimilikinya dan ingin memastikan kembali apakah smartpone milik sobat legal atau Ilegal. Kali ini ponseli akan memberikan informasi menggenai Cara Cek imei Xiaomi Resmi Indonesia Terbaru yang pastinya sangat berguna untuk sobat pengguna smartphone Xiaomi.

Advertisement

Daftar Cara Cek imei Xiaomi Resmi

Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Apa Palsu

Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Apa Palsu

Meksipun peraturan menggenai IMEI akan segera di terapkan namun pemerintah nampaknya akan memberikan kemudahan dengan cara memberikan pemutihan. Dimana smartpone yang akan kita pake akan masih aman di gunakan selama dua tahun kedepan. Namun untuk lebiha pastinya sobat bisa melihat tutorial cara cek IMEI Xiaomi Resmi berikut ini.

Sebelum melakukan bisa mengecek IMEI smartpone sobat legal atau ilegal pastikan dahulu sobat ponseli sudah mengetahui kode Imei HP sobat. Untuk Xiaomi sendiri memiliki beberapa cara untuk bisa menggetahui berapa nomer IMEI nya. Berikut adalah carannya:

1. Imei Pada Dus Book

IMEI Xiaomi AsliCara Cek imei Xiaomi Resmi paling mudah yang pertama adalah dengan melihat du Book HP. Dimana dibagian dus book belakang terdapat nomor IMEI sebanyak, Baik SIM 1 maupun SIM 2 masing-masih terdapat imei yang berlaku. Bagi sobat yang membeli HP Xiaomi Baru pastikan pada Dus book terdapat nomor IMEI yang juga sama pada bagian jeroan smartphone. Jika nomornya berbeda langsung saja minta ditukar dengan yang baru.

Advertisement

2. Menu Setelan

Cek IMEI Xiaomi TerbaruLangkah mudah untuk menggenathui IMEI smartphone Xiaomi selanjutnya adalah dengan masuk ke menu penggaturan. Dimana di menu pengaturan baik MIUI lama sampai dengan MIUI 10 terbaru bisa menggetahui nomor IMEI di menu pengaturan.

  • Masuk Ke menu SETELAN.
  • Lanjutkan dengan ke menu TENTANG TELEPHONE.
  • Scroll kebagian bawah cari menu STATUS.
  • Maka disitu akan terlihat nomor imei SIM 1 & 2.
  • Selesai.

Menggetahui IMEI dari menu setelan pada smartphone Xiaomi ini di sinyalir paling mudah. Pada setiap smartphone Xiaomi bisa menggetahui nomor imeinya dengan menggunakan cara mudah yang satu ini. Hal ini juga efektif terlebih untuk sobat yang membeli smartphone bekas dalam posisi tidak memiliki dus book.

3. Kode Cek Xiaomi

Cek IMEI XiaomiCara berikut ini juga terbilang sangat mudah yakni dengan menggunakan metode dial number. Sobat hanya perlu melakukan panggilan dengan ke nomor *#06# dengan menggunakan ponsel Xioami yang sobat miliki pastinnya.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu menu Keypad atau Dial Pad
  2. Kemudian tekan kode *#06#
  3. Setelah itu, sobat tinggal menekan tombol call (panggilan)
  4. Lalu secara otomatis kode IMEI akan muncul pada layar handphone, termasuk kode IMEI untuk SIM Card 1 dan SIM Card 2 apabila menggunakan hp Samsung dual sim

Selain Xiaomi ada juga smartphone lain seperti Samsung, iPhone, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi yang juga bisa menggunakan kode tersebut untuk menggetahui IMEI ponsel mereka. Dimana cara yang satu ini terbilang sangat praktis dan dijamin 100% work.

4. Body Belakang

IMEI Xiaomi PalsuUntuk menggetahui IMEI pada ponsel Xiaomi selanjutnya sobat bisa melihat pada sticker dibagian belakang smartphone. Untuk sobat yang membeli perangkat baru pastinya masih bisa menjumpai sticker tersebut namun beda cerita untuk sobat yang membeli unit Second biasannya sudah tidak bisa menjumpainya.

4. Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi Cek IMEIJika beberapa cara di atas sudah tidak bisa dikarenakan beberapa kendala maka sobat ponseli bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggetahui nomor IMEI smartphone sobat. Namun perlu di ketahui cara yang satu ini meskipun cukup efektif namun sangat tidak di anjurkan. Dimana sejatinya nomot IMEI smartphone merupakan hal yang pribadi dan dengan alasan keamanan itulah kenapa nomor IMEI perlu dirahasiakan. Namun jika sobat membutuhkannya bisa mencari aplikasi serupa di Playstore dan appstore.

5.  Cara Cek IMEI Xiaomi Legal Atau iLegal

Cara Cek IMEI Xiaomi Resmi Atau IlegalSelanjutnya jika cara diatas sudah bisa di coba maka sobat ponseli tinggal melakukan penggecekan menggenai status smartphone Xiaomi yang sobat miliki. Dimana cara ini cukup simple karena pengguna hanya mdiminta untuk masuk ke laman Kemenperin. Namun Sayangnya saat informasi ini dibuat lama kemenperin sedang masa pembenahan untuk lebih siap menangani banyaknya pengguna yang melakukan pengecekan. Beriku Tahapannya :

  1. Buka situs http://kemenperin.go.id/imei
  2. Kemudian masukan nomor IMEI  HP Xiaomi yang kita miliki. Bagi yang belum mengetahui nomornya, silahkan terlebih dahulu melalukan pengecekan dengan cara di atas
  3. Setelah itu akan muncul informasi mengenai nomor IMEI, perusahaan, merek, dan model.
  4. Apabila tidak ada database yang ditampilkan, maka hp Xiaomi milik sobat merupakan hp ilegal atau black market
  5. Bagi yang tidak bisa mengakses situs cek IMEI dari Kemenperin, mungkin situs tersebut sedang dalam perbaikan atau pengembangan agar masyarakat Indonesia lebih mudah dalam mengecek IMEI. Selain itu, sobat juga bisa mencoba cara cek IMEI Xiaomi melalui situs https://www.imei.info yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian Hp Xiaomi.

Status smartphone yang sobat beli bisa di ketahui berdasarkan nomor IMEI nya. Apabila sobat ponseli memasukan nomor imei dan muncul keterangan Merek, Model, Perusahaan dll maka bisa dipastikan smartphone sobat Legal dan aman tidak terkena Blokir. Nanun jika smartphone tersebut sudah dapat dipastikan datang ke Indonesia secara ilegal.

Apa itu IMEI Pada HP ?

Regulasi IMEI KemenperinSetelah ramainya pembahasan menggenai peraturan IMEI HP banyak yang belum tahu apa itu IMEI. IMEI sendiri semacam kode jaringan smartphone Tanpa adanya IMEI, smartphone tidak bisa digunakan untuk jaringan provider tertentu. Jadi jika nomot IMEI smartphone sobat tidak terdaftar maka bisa denga mudah pemerintah menghilangkan akses jaringan seluler. Berikut adalah Fungsi IMEI selengkapnya :

  1. Fungsi IMEI yang pertama adalah sebagai identitas dari smartphone itu sendiri. Sama halnya dengan manusia yang memiliki KTP, smartphone juga memiliki identitas untuk mengetahui model dan brand (merek).
  2. Dengan mengetahui nomor IMEI, kita bisa melakukan pengecekan keaslian ponsel.
  3. Selain itu, IMEI bisa digunakan untuk melacak smartphone yang hilang. Pasanya IMEI digunakan oleh Operator Seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka. Jadi apabila smartphone hilang, maka sobat bisa mencoba melacaknya dengan menghubungi pihak operator terkait.

Operator seluler akan dengan mudah mendeteksi IMEI Telephone yang kita gunakan di jaringan mereka. Maka jika nomor IMEI tercatat ilegal pihak operator seluler juga akan dengan mudah mencabut akses jaringan tersebut. Meskipun smartphone masih bisa digunakan namun tidak bisa mengakses jaringan baik panggilan, SMS maupun Internet. Dimana satu-satunya cara untuk bisa terhubung ke Internet adalah dengan menggunakan Akses WiFi.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Hp Asus Murah Ram 6GBCara Cek IMEI Samsung
HP Oppo TermurahCara Cek Imei iPhone 

Itu dia Cara Cek imei Xiaomi Resmi Indonesia Terbaru yang bisa sobat ponseli coba untuk menggetahui status smartphone sobat. Perlu diketahui bahwa peraturan tersebut menggenai Status IMEI masih bisa berubah. Terlebih untuk sobat yang memiliki smartphone ilegal sebelum tanggal 17 Agustus masih akan mendapatkan kompesasi. Demikian informasi kali ini semoga bisa bermanfaat.

Advertisement