Cara Cek IMEI Samsung Resmi Atau Ilegal Terbaru 2019

Advertisement

Cara Cek IMEI Samsung – International Mobile Equipment Identity atau disingkat IMEI merupakan kumpulan kode yang biasanya tediri dari 14 hingga 16 digit angka. Kode IMEI pada setiap smartphone berbeda-beda. Oleh karena itulah IMEI bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah smartphone.

Semua ponsel pasti memiliki IMEI, tak terkecuali smartphone buatan Samsung yang diproduksi di dalam negeri maupun luar negeri. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, sebenarnya apa fungsi IMEI ?

Apa Fungsi IMEI ?

Cara Cek IMEI Samsung TerbaruIMEI tak hanya sekedar kumpulan angka. Tanpa adanya IMEI, smartphone tidak bisa digunakan untuk jaringan provider tertentu. Masih banyak fungsi IMEI lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Advertisement
  1. Fungsi IMEI yang pertama adalah sebagai identitas dari smartphone itu sendiri. Sama halnya dengan manusia yang memiliki KTP, smartphone juga memiliki identitas untuk mengetahui model dan brand (merek).
  2. Dengan mengetahui nomor IMEI, kita bisa melakukan pengecekan keaslian ponsel.
  3. Selain itu, IMEI bisa digunakan untuk melacak smartphone yang hilang. Pasanya IMEI digunakan oleh Operator Seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka. Jadi apabila smartphone hilang, maka sobat bisa mencoba melacaknya dengan menghubungi pihak operator terkait.

Yah, semua operator seluler akan mendeteksi IMEI pada smartphone yang kita gunakan. Itu artinya pihak operator seluler berhak untuk memblokir nomor IMEI agar tidak bisa menggunakan jaringan yang mereka miliki. Atas dasar inilah pemerintah mengeluarkan wacana pemblokiran IMEI untuk smartphone ilegal. Jadi bisa dikatakan salah satu fungsi IMEI adalah untuk memblokir smartphone.

Pemerintah sedang menyiapkan regulasi pemblokiran IMEI untuk smartphone ilegal yang beredar di Indonesia. Peraturan ini sedang dipersiapkan secara matang agar tidak merugikan masyarakat Indonesia. Terlebih pengguna smartphone di Indonesia sudah sangat banyak, dan tak semuanya membeli smartphone secara resmi.

Bagi yang saat ini masih memakai Hp Samsung ilegal atau Black Market, maka wajib waspada. Namun kabarnya peraturan pemblokiran IMEI hanya akan berlaku untuk smartphone yang baru diaktivitas setelah regulasi IMEI berlaku. Untuk mengatisipasi hal tersebut, lebih baik kita terlebih dahulu mengecek nomor IMEI pada smartphone yang kita miliki. Lalu bagaimana caranya ?

Advertisement

Tutorial Cara Cek IMEI Samsung

Cara cek IMEI Samsung juga sangat mudah. Sobat bisa menggunakan salah satu cara yang kami sampaikan berikut ini.

1. Melalui Keypad

Kode Cek IMEI SamsungDilansir dari situs resmi Samsung, cara cek IMEI hp Samsung yang pertama adalah menggunakan kode khusus. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu menu Keypad atau Dial Pad
  2. Kemudian tekan kode *#06#
  3. Setelah itu, sobat tinggal menekan tombol call (panggilan)
  4. Lalu secara otomatis kode IMEI akan muncul pada layar handphone, termasuk kode IMEI untuk SIM Card 1 dan SIM Card 2 apabila menggunakan hp Samsung dual sim

Cara cek IMEI Samsung di atas berlaku untuk semua tipe smartphone Samsung. Sobat juga bisa menggunakannya untuk cek IMEI iPhone ataupun smartphone lainnya, seperti buatan Xiaomi, Vivo, Oppo, LG, Sony, dan berbagai merek lainnya.

2. Melalui Setting

Cara Cek Imei Hp SamsungSelain cara cek IMEI Samsung dengan menggunakan kode, sobat juga bisa melihat IMEI hp Samsung melalui menu Setting atau Pengaturan. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Cara mengetahui IMEI Hp Samsung melalui menu Setting caranya adalah dengan masuk ke menu aplikasi, lalu klik Setting
  2. Kemudian cari About Phone
  3. Selanjutnya tinggal cari kode IMEI

Selain melihat kode IMEI, kita juga bisa melihat baragam informasi lainnya pada menu Setting, seperti sistem operasi yang digunakan dan masih banyak lagi lainnya.

3. Lihat Dushbook

 Setelah mengetahui kode IMEI-nya, maka selanjutnya kita tinggal mengecek apakah kodenya sama dengan yang ada di dushbook atau tidak. Apabila nomor IMEI-nya berbeda dengan yang ada di bagian belakang dushbook, maka besar kemungkinan merupakan dushbook palsu. Biasanya hal ini terjadi saat kita membeli hp Samsung bekas. Namun apabila membeli hp Samsung baru, pasti nomor IMEI pada smartphone dan dushbook akan sama.

Cara Cek IMEI Samsung Resmi Atau Ilegal

Cara Cek IMEI Samsung Resmi Atau IlegalSeperti yang kami sampaikan di atas, pemerintah akan melakukan pemblokiran ponsel melalui nomor IMEI. Pemblokiran tersebut akan berlaku bagi hp Samsung yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar pada database kemenperin (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia). Nah untuk mengetahui apakah nomor IMEI yang kita miliki terdaftar atau tidak, silahkan simak caranya di bawah ini.

  1. Buka situs http://kemenperin.go.id/imei
  2. Kemudian masukan nomor IMEI  hp Samsung yang kita miliki. Bagi yang belum mengetahui nomornya, silahkan terlebih dahulu melalukan pengecekan dengan cara di atas
  3. Setelah itu akan muncul informasi mengenai nomor IMEI, perusahaan, merek, dan model.
  4. Apabila tidak ada database yang ditampilkan, maka hp Samsung yang kita miliki merupakan hp ilegal atau black market
  5. Bagi yang tidak bisa mengakses situs cek IMEI dari Kemenperin, mungkin situs tersebut sedang dalam perbaikan atau pengembangan agar masyarakat Indonesia lebih mudah dalam mengecek IMEI. Selain itu, sobat juga bisa mencoba cara cek IMEI Samsung melalui situs https://www.imei.info yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian Hp Samsung.

Yah, keaslian hp Samsung bisa dilihat dari nomor IMEI-nya. Apabila sobat memasukan nomor IMEI ke situs imei.info, maka akan muncul tipe dan merek smartphone. Jika datanya berbeda dengan smartphone yang kita miliki, maka besar kemungkinan merupakan hp Samsung palsu.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Hp Asus Murah Ram 6GBHp Xiaomi 5G 
HP Oppo TermurahCara Cek Imei iPhone 

Nah demikianlah informasi cara cek IMEI Samsung untuk mengetahui apakah IMEI hp Samsung yanga kita miliki ilegal atau resmi. Selain itu, cara di atas juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian smartphone Samsung. Sekain informasi ponseli.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5,00 out of 5)
Advertisement