Cara Cek Imei iPhone Asli Atau Palsu Agar Tidak Diblokir

Advertisement

Cara Cek Imei iPhone – Saat ini pecinta gadget sedang was-was dengan peraturan baru yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin). Peraturan tersebut menyebutkan bahwa semua ponsel tanpa IMEI resmi akan diblokir. Itu artinya kita bisa memakai smartphone ilegal atau black market di Indonesia.

Pemblokiran IMEI akan mulai dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2019. Peraturan tersebut berlaku untuk semua merek smartphone, tak terkecuali iPhone. Tujuannya adalah untuk memberantas peredaran smartphone ilegal yang notabennya merugikan pemerintah.

Kami yakin banyak sekali pengguna iPhone yang was-was smartphone miliknya diblokir. Pemblokiran tersebut berakibat smartphone tidak bisa menggunakan provider seluler Indonesia, seperti Telkomsel, Axis, Indosat, XL, dan masih banyak lagi lainnya. Alhasil smartphone yang diblokir hanya bisa digunakan untuk mengakses internet via Wi-Fi.

Advertisement

Beberapa tahun silam juga muncul wacana pemblokiran IMEI. Namun baru tahu ini pemerintah Indonesia semakin serius mengatur regulasi tersebut. Hal ini tak lepas dari peredaran smartphone Black Market atau ilegal yang jumlahnya jutaan unit. Pemerintah rugi besar, karena smartphone ilegal tidak memenuhi memenuhi ketentuan pajak dan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30%.

Untuk mengetahui apakah smartphone yang kita miliki diblokir atau tidak, kita harus terlebih dahulu melakukan pengecekan kode IMEI. Nantinya IMEI tersebut akan kita masukan pada situs resmi kemenperin. Apabila kode IMEI tidak terdaftar, maka handphone akan diblokir dan tidak bisa menggunakan provider seluler tanah air.

Bagi yang saat ini menggunakan iPhone, kami sarankan untuk segera melakukan pengecekan nomor IMEI. Cara cek IMEI iPhone juga sangat mudah. Sobat bisa melakukannnya dengan beberapa cara seperti yang kami sampaikan di bawah ini.

Advertisement

Cara Cek IMEI iPhone Termudah

Cara Cek IMEI iPhone

1. Cek IMEI pada Dus Book

Cara termudah untuk cek IMEI iPhone adalah dengan melihat box iPhone (Dus book). Pada bagian belakang box iPhone tertera beragam informasi yang terdiri dari kode IMEI, Nomor Serial, tempat pembuatan, dan beragam informasi lainnya. Cara cek iPhone ini juga bisa digunakan untuk melihat keaslian iPhone. Apabila nomor IMEI-nya berbeda dengan yang tertera pada smartphone, maka kemungkinan besar merupakan iPhone palsu atau bahkan iPhone curian, karena seharusnya nomor IMEI pada dushbook dan smartphone sama.

2. Masu Ke Menu Pengaturan iPhone

Cek IMEI iPhone di PengaturanKemudian cara cek IMEI iPhone yang kedua dalah dengan melihatnya secara langung melalui pengaturan iPhone. Caranya tinggal masuk ke menu Pengaturan > Umum > Mengenai. Nah, pada menu mengenai akan muncul informasi mengenai Nama, Versi Perangkat Lunak, Nama Model, Nomor Model, Nomor Seri, dan IMEI. Cara ini bisa digunakan untuk mengecek kode IMEI pada semua tipe iPhone, baik tipe baru maupun tipe lama.

3. Melihat IMEI di Tray Sim

Cara Mengecek IMEI iPhoneSelain cara cek IMEI iPhone di atas, sobat juga bisa melakukan pengecekan dengan membuka Tray Sim yang merupakan tempat untuk menaruh SIM Card. Saat Tray Sim dibuka, sobat akan melihat kode IMEI pada bagian atas. Penempatan kode IMEI tersebut tergolong jenius, karena bisa menjadi salah satu cara untuk mengecek keaslian iPhone. Pasalnya rata-rata iPhone palsu tidak memiliki kode IMEI pada Tray Sim.

4. Kode Cek IME iPhone

Kode Cek IMEI iPhoneApabila ingin yang lebih simple, sobat bisa mencoba cara cek IMEI iPhone dengan menekan perintah *#06# pada menu dial atau panggilan. Kode IMEI akan langsung muncul setelah sobat memasukan kode tersebut. Cara ini memang jauh lebih simple, sehingga kita tidak perlu membuka Tray Sim ataupun melihat dusbook iPhone yang bisa jadi sudah hilang entah kemana.

5. Melihat Body Belakang iPhone

Semua iPhone yang masih original memiliki kode IMEI pada bagian casing belakang. Nomor IMEI-nya harus sama dengan yang tertera pada menu pengaturan ataupun dusbook. Apabila berbeda, mungkin sobat membeli iPhone bekas yang bagian belakangnya telah diganti atau mungkin merupakan iPhone palsu.

6. Mengecek IMEI Lewat iTunes

Soal pindah memindah data, bisa dikatakan iPhone yang paling ribet. Kita harus menggunakan iTunes untuk mentransfer foto, musik, ataupun video ke komputer. Namun kekurangan tersebut menjadi salah satu kelebihan iPhone yang tak akan sobat dapatkan apabila menggunakan smartphone Android. Selain itu, kita juga bisa melihat nomor IMEI pada aplikasi iTune yang bisa sobat download “DI SINI“.

Setelah mendownload iTunes, lalu bagiaman cara cek IMEI iPhone dengan aplikasi tersebut. Nah bagi yang belum tahu caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama kita harus menyambungkan iPhone ke komputer.
  2. Kemudian buka aplikasi iTunes yang sudah diinstal.
  3. Selanjutnya tinggal menunggu iPhone terdeteksi
  4. Apabila sudah terdeteksi, maka langkah selanjutnya tinggal masuk ke menu Library, dan secara otomatis data iPhone akan ditampilkan pada iTunes, termasuk kode IMEI, nomor telepon, kapasitas memory, dan pembaharuan sistem operasi.

iTunes hanya bisa digunakan pada perangkat buatan Apple, seperti iPhone, iPad, iPod. Apabila iPhone yang sobat miliki tidak bisa terkoneksi ke iTunes, mungkin masalahnya berasal dari kabel yang digunakan. Biasanya iTunes hanya bisa diakses menggunakan kabel original.

7. Cara Cek IMEI iPhone Di Blokir

Regulasi IMEI KemenperinSetelah mengetahui kode IMEI pada iPhone yang kita miliki, maka langkah selanjutnya tinggal mengecek kode IMEI tersebut apakah terdaftar pada situs Kemenperin atau tidak. Sebenarnya kita tak perlu khawatir apabila membeli iPhone secara resmi, seperti di iBox atau Erafone. Pasalnya semua iPhone yang dijual di iBox atau Erafone telah memenuhi standar TKDN dan merupakan produk resmi di Indonesia.

Namun bagi yang membeli iPhone garansi Internasional, seperti dari Singapura, Amerika, ataupun negara lainnya, maka harus siap-siap iPhone yang dibeli diblokir. Hal yang sama juga berlaku bagi pemilik iPhone Refurbished yang notabennya merupakan smartphone Black Market atau Ilegal. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara kita mengetahui IMEI iPhone yang kita miliki diblokir atau tidak ?

Bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak di bawah ini

  1. Pertama, kita harus terlebih dahulu mengetahui IMEI iPhone dengan cara di atas
  2. Setelah mengetahui kode IMEI iPhone, kemudian kita tinggal mengecek legalitas IMEI iPhone melalui website kemenperin.go.id/imei
  3. Selanjutnya masukkan kode IMEI ke kolom khusus
  4. Kemudian klik tombol simpan di bagian bawah kata IMEI
  5. Apabila kode IMEI terdaftar, maka akan muncul informasi tentang merek, tipe ponsel dan perusahaan distributor

Pemerintah sedang mengatur skema agar regulasi IMEI dapat berjalan lancar. Tentu bukan perkara mudah untuk mengaturnya. Pemerintah harus mengeluarkan regulasi yang tidak memberatkan masyarakat Indonesia. Terlebih jumlah pengguna smartphone di Indonesia sangat banyak, dan tak jarang ada yang menggunakan smartphone ilegal.

Kabar baiknya, smartphone ilegal atau black market yang telah diaktivasi sebelum tanggal 17 Agustus 2019 akan mendapatkan keringanan. Kabarnya pemerintah memberikan waktu selama 2-3 tahun hingga nantinya smartphone tersebut diblokir. Jadi bagi yang saat ini memakai iPhone non-resmi, maka tak perlu khawatir.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
HP Oppo 5G MurahHp Vivo Termurah
HP Oppo TermurahHP Samsung Termurah

Namun bagi yang mengaktifkan iPhone non-resmi setelah tanggal 17 Agustus 2019, maka IMEI langsung diblokir dan tidak bisa menggunakan operator seluler di Indonesia. Nah demikianlah informasi mengenai cara cek IMEI iPhone agar tidak diblokir. Semoga inf0rmasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement