Cara Cek IMEI Android di Kemenperin Terbaru 2019

Advertisement

Cara Cek IMEI Android – Pemerintah benar-benar serius dalam mengatasi beredarnya handphone ilegal atau black market (BM) di Indonesia. Sekarang sudah ada peraturan bahwa smartphone yang tidak resmi akan diblokir nomor IMEI-nya, sehingga tidak bisa menggunakan operator seluler utuk mengakses data internet, SMS, dan telepon.

Handphone yang diblokir tetap bisa digunakan, namun tidak bisa menggunakan operator seluler. Alhasil hp yang diblokir hanya bisa untuk mengakses internet melalui Wi-Fi saja. Peraturan tersebut mengundang pro dan kontra dikalangan pecinta teknologi. Meskipun begitu, peraturan pemblokiran IMEI tetap dibutuhkan agar Indonesia bebas dari smartphone ilegal.

Untuk saat ini peraturan pemblokiran IMEI belum berlaku 100%. Tahap awal adalah pendatanganan dari tiga kementerian yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Kominfo, dan Kementerian Perindustrian. Kemudian pemerintah akan mengatur regulasinya, baru kemudian peraturan pemblokiran IMEI akan berlaku pada tahun 2020.

Advertisement

IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Bisa dikatakan IMEI adalah nomor identitas dari sebuah handphone. Biasanya IMEI berbentuk angka desimal sebanyak 14-16 digit. Setiap handphone juga memiliki nomor IME berbeda-beda.

Apabila memakai hp Android dual sim, maka akan memiliki dua nomor IMEI berbeda. Jika handphone yang digunakan merupakan handphone resmi Indonesia, maka nomor IMEI tersebut akan terdaftar pada database Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Pendataan nomor IMEI hanya berlaku untuk hp Android garansi resmi Indonesia. Sedangkan handphone ilegal atau yang dibeli di luar negeri, maka nomor IMEI-nya tidak akan terdaftar. Berdasarkan itulah, pihak Kemenperin berhak melakukan pembokikuran karena tidak memenuhi standar pajak yang berlaku.

Advertisement

Saat ini Kemenperin sudah meluncurkan situs resmi untuk mengecek nomor IMEI semua smartphone yang ada di Indonesia. Apabila nomor IMEI yang dimasukan tidak terdaftar, maka bisa dipastikan merupakan handphone ilegal. Lalu bagiamana cara cek IMEI Android di Kemenperin ? Untuk mengetahuinya silahkan simak informasi ponseli.com dibawah ini

Tutorial Cara Cek IMEI Android di Kemenperin

1. Cara Cek Nomor IMEI

Cara Cek IMEI Hp AndroidSebelum mencoba cek IMEI Android di Kemenperin, kita harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI di smartphone Android yang kita miliki. Cara cek IMEI Android juga sangat mudah. Kita bisa menggunakan kode khusus cek IMEI dengan mengetikan *#06# di dialer atau menu panggilan handphone.

Selain melalui kode, soba juga bisa melihat nomor IMEI pada menu pengaturan handphone. Silahkan masuk ke menu Setting, kemudian masuk ke About Phone dan cara meni IMEI. Cara lainnya adalah dengan melihat nomor IMEI yang tertera pada bagian Dushbook.

2. Cara Cek IMEI Android

Cara Cek IMEI Android di KemenperinSetelah mengetahui nomor IMEI-nya, sekarang kita tinggal mengeceknya di situs resmi Kemenperin. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Catat terlebih dahulu nomor IMEI Android yang akan dicek
  2. Kemudian buka situs https://imei.kemenperin.go.id/
  3. Setelah situs terbuka, kita tinggal memasukan nomor IMEI pada kolom pencarian, lalu tekan tombol cari.
  4. Apabila nomor IMEI terdaftar, maka akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”
  5. Namun apabila tidak terdaftar, maka akan muncul tulisan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”.

Apabila handphone Android yang dibeli merupakan garansi resmi Indonesia, seperti TAM ataupun SEIN, maka bisa kami pastikan nomor IMEI-nya akan terdaftar pada database Kemenperin, jadi tak perlu khawatir nomor IMEI-nya diblokir. Lalu bagaimana jika tak terdaftar ?

3. Bagaimana Jika IMEI Tidak Terdaftar ?

IMEI Tidak Terdaftar Di Kemenperin

Kami yakin sebagian besar pengguna smartphone Android ada yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar. Bagi yang mengalami hal serupa tak perlu khawatir. Smartphone tetap bisa dipakai selama importasinya mengikuti ketentuan peruaturan perundangan yang berlaku.

Pemerintah juga sedang menyiapkan regulasi khusus untuk handphone yang dibeli di luar negeri. Mungkin saja nantinya ada sejumlah pajak yang harus dibayarkan untuk mendaftarkan nomor IMEI agar masuk kedatabase Kemenperin.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Hp Gaming AsusCara Cek IMEI Android Xiaomi
Cara Cek IMEI Android SamsungCara Cek Imei iPhone

Kabarnya implementasi pemblokiran nomor IMEI handphone Android ilegal akan mulai berlaku setelah tanggal 17 Februari 2020. Saat ini kita masih bisa bebas menggunakan handphone ilegal / black market sembari menunggu keluarnya regulasi dari pemerintah. Nah cukup sekian informasi cara cek IMEI Android kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5,00 out of 5)
Advertisement