Cara Cek HP Oppo Bekas / Baru Agar Tidak Salah Beli

Advertisement

Cara Cek HP Oppo –¬†Ada banyak sekali pilihan merk smartphone di Indonesia, dan salah satunya adalah Oppo. Merk ini sudah sangat familiar dan menjadi pilihan banyak orang dalam mencari smartphone Android. Nah bagi yang sobat membeli hp Oppo, ada baiknya mengecek kondisi smartphone yang dibeli. Lalu bagaimana caranya?

Untuk mengecek hp Oppo sangatlah mudah. Sobat bisa menggunakan kode rahasia Oppo untuk mengecek semua fitur serta keaslian smartphone yang dibeli. Selain itu, kita juga bisa mengetes semua komponen hardware yang dimiliki smartphone Oppo dengan kode rahasia tertentu.

Mengecek smartphone yang dibeli memang sangat penting agar kita tidak salah beli. Terlebih jika kita membeli hp Oppo bekas, tentu dibutuhkan pengecekan secara mendalam agar mendapatkan hp bekas yang kondisinya masih bagus.

Advertisement

Sering kali ada penjual hp Oppo bekas yang tidak bertanggung jawab dan menjual barang bermasalah, seperti baterai ngedrop, layar rusak, ataupun masalah lainnya. Untuk menghindari masalah tersebut, maka kita harus terlebih dahulu mengeceknya. Nah bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak informasi cara cek hp Oppo berikut ini.

Tipe Cara Cek HP Oppo Bekas dan Baru

1. Cara Mengecek Hardware

Cara Cek Oppo Untuk mengecek hardware hp Oppo kita harus masuk ke menu Engineer Mode. Caranya adalah dengan mengetikan kode *#800#. Setelah kode tersebut diketikan pada menu Dial Up atau panggilan telepon, maka akan muncul beragam pilihan menu untuk mengecek kinerja hardware smartphone Oppo.

Ada banyak sekali komponen hardware yang bisa kita cek menggunakan kode tersebut, seperti Battery Test, Sim Card Test, FM Test, Vibration Test, Bluetooth Test, Recevier Test, dan masih banyak lagi lainnya. Silahkan kalian cek satu persatu setiap menu hardware yang tersedia untuk memastikan kondisi hp Oppo yang dibeli.

Advertisement

2. Cara Mengecek Spesifikasi

Cara Cek Hp OppoCara cek hp Oppo selanjutnya adalah mengecek spesifikasi. Caranya sangat gampang. Sobat hanya perlu masuk ke menu Settings, lalu pilih menu About Phone. Pada menu tersebut akan terlihat informasi spesifikasi yang terdiri dari jenis processor, kapasitas Ram, kapasitas memori internal, sistem operasi, hingga model smartphone.

Setelah itu kita tinggal mencocokan spesifikasinya dengan yang terterai pada situs resmi Oppo. Apabila spesifikasinya berbeda, kemungkinan merupakan handphone palsu atau mungkin merupakan versi luar negeri yang memiliki spesifikasi berbeda dengan hp Oppo yang dipasarkan di Indonesia.

3. Cara Mengecek IMEI

IMEI OppoApabila membeli smartphone Oppo baru ataupun bekas kita wajib mengecek IMEI. Pasalnya IMEI merupakan identitas dari smartphone yang didalamnya berisi informasi mengenai tahun pembuatan, tipe, model, hingga serial number. Apalagi sekarang sudah ada peraturan pemblokiran IMEI untuk smartphone ilegal atau Black Market sehingga kita harus memastikan nomor IMEI-nya merupakan IMEI resmi.

Pada artikel sebelumnya kami sudah memberikan informasi mengenai Cara Cek IMEI Oppo. Sobat bisa membaca artikel tersebut atau langsung mengeceknya dengan kode *#06#. Kemudian masukan nomor IMEI yang muncul pada situs imei.info untuk memastikan apakah garansi resmi atau non-resmi. Selain itu, kita juga bisa mengecek nomor IMEI Oppo melalui menu Settings > About Phone > Status IMEI.

4. Mengecek Garansi

Cara Cek Garansi Oppo OnlineSalah satu hal yang paling kami suka dari Oppo adalah memiliki service center yang hampir tersebar di seluruh Indonesia. Service center tersebut akan membantu pengguna hp Oppo dalam melakukan perbaikan serta mengklaim garansi apabila terjadi kerusakan. Oppo sendiri memberikan masa garansi selama 12 bulan yang mengcover penggantian komponen spare part dan biaya service.

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara cek hp Oppo untuk masalah garansi? Untuk mengetahui masa garansi smartphone Oppo sangatlah mudah. Pasalnya Oppo menyediakan situs khusus untuk pemeriksaan status garansi yang bisa kalian akses “DI SINI“. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengklaim garansi smartphone Oppo. Nah untuk mengetahui semua ketentuannya, silahkan simak artikel berikut “Cara Cek Garansi Oppo“.

5. Mengecek Baterai

CPU-Z
CPU-Z
Developer: CPUID
Price: Free+

Salah satu bagian paling vital dari sebuah smartphone adalah baterai. Hal yang sama juga berlaku apabila kita membeli hp Oppo bekas. Pasalnya tak semua hp bekas memiliki kondisi baterai yang masih bagus dan terkadang baterainya sudah ngedrop. Nah untuk mengetahui kondisi baterai hp Oppo, sobat bisa mencoba aplikasi yang kami rekomendasikan di atas.

CPU Z tak hanya berguna untuk mengecek kondisi baterai saja, namun juga bisa kita gunakan untuk melihat kelengkapan sensor serta spesifikasi smartphone, mulai dari layar, processor, ram, memory, sistem operasi, chipset, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Menggabungkan FotoCara Unfollow Instagram
Cara Print Bolak Balik PDFCara Blokir Facebook

Nah demikianlah informasi cara cek hp Oppo yang bisa sobat praktekan ketika membeli smartphone Oppo baru ataupun bekas. Cukup sekian informasi ponseli.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang berencana membeli smartphone Android Oppo agar tidak salah beli.

Advertisement