Cara Cek Hasil Pemilu Online 2019 di Android Untuk Pilpres dan DPR

Advertisement

Cara Cek Hasil Pemilu Online 2019 – Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2019-2024 telah selesai. Sekarang kita tinggal melihat bagaimana hasil pemilihan umum tersebut, apakah Jokowi atau Prabowo yang menjadi presiden. Sebenarnya hasil pemilu 2019 sudah bisa dilihat melalui Quick Count yang dilakukan sejumlah lembaga Survey, seperti LSI Denny JA, Litbang Kompas, Indo Barometer, KedaiKOPI, dll. Nah yang menarik dari hasil Quick Count atau perhitungan cepat tersebut adalah memenangkan Jokowi dan wakilnya Ma’ruf Amin.

Hasil Quick Count yang memenangkan presiden Jokowi mungkin bisa berubah, karena hasil pemilu yang sebenarnya baru akan keluar setelah perhitungan suara manual yang dilakukan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Bahkan Prabowo Subianto saja menolak hasil Quick Count yang dilakukan lembaga Survey di atas dan mengklaim dirinya menjadi pemenang Pemilu 2019 berdasarkan hasil Quick Count dan Real Count yang dilakukan lembag internal miliknya.

Sebenarnya terlalu dini apabila Prabowo Subianto mengklaim dirinya yang menang. Pasalnya pihak KPU belum mengeluarkan hasil resmi perhitungan suara dari seluruh Indonesia. Hal ini bisa berakibat kekacuan apabila nantinya pihak KPU memutuskan Jokowi sebagai presiden periode 2019-2024. Tentu kita semua tidak menginginkan hal tersebut dan berharap pilihan presiden tahun ini berjalan lancar tanpa perlu adanya kekacuan dikarenakan salah satu pendukung capres tidak terima dengan hasil KPU.

Advertisement

Setelah hasil Quick Count keluar dan menetapkan Jokowi serta Ma’aruh Amin menjadi pemenang, maka sekarang kita tinggal menunggu hasil resmi pemilu 2019 yang dikeluarkan KPU. Namun menurut Undang-Undang, hasil pemilu baru keluar paling lama 35 hari setelah pemungutan suara dilakukan KPU. Hal itu sesuai pasal 413 ayat (1) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatakan bahwa KPU menetapkan pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara pasangan calon, perolehan suara parpol untuk DPR RI dan perolehan suara DPD paling lama 35 hari setelah pemungutan suara.

Cara Cek Hasil Pemilu Online 2019

Cara Cek Hasil Pemilu Online 2019Kita kita bisa melihat secara langsung rekapitulasi suara secara online yang dilakukan KPU. Nah untuk caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Buka browser di komputer ataupun handphone, lalu kunjungi situs https://pemilu2019.kpu.go.id. Namun sering kali situs tersebut down dikarenakan banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengaksesnya, jadi sobat harus bersabar apabila ingin cek hasil pemilu online 2019 melalui website resmi KPU.
  2. Cara cek hasil pemilu online 2019 juga bisa dilakukan dengan melihat website https://kawalpemilu.org yang merupakan lembaga independen untuk menghitung suara pemilihan Presiden dan DPR. Pada website tersebut juga terihat perhitungan suara dari masing-masing wilayah, sehingga kita bisa melihat siapa yang menang di masing-masing provinsi ataupun kabupaten. Menariknya lagi, website tersebut menyediakan form untuk mengupload foto C1 dari setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Cara Cek Hasil Pemilu Di Android

Untuk mengecek hasil pemilu online 2019 juga bisa dilakukan melalui aplikasi Android bernama “KPU RI PEMILU 2019”. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan KPU untuk mengecek hasil pemilu yang berasal dari data resmi Kompisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KUP RI). Ukuran aplikasi KPU tersebut sekitar 13 MB, namun sayangnya hanya bisa berjalan untuk smartphone Android dengan sistem operasi Android 6.0 ke atas. Nah bagi yang penasaran ingin mencobanya silahkan mengundunya melalui link berikut ini.

Advertisement

Hasil Quick Count Pilpres 2019

Hasil Quick Count Pemilu Presiden 2019Sembari menunggu hasil real count yang dilakukan pihak KPU, mari kita simak terlebih dahulu hasil Quick Count Pilpres 2019 yang dilakukan berbagai lembaga Survey yang sudah dipercaya kredibilitasnya. Seperti yang sobat lihat di atas, pasangan Jokowi Widodo dan Ma’ruf Amin berhasil mengungguli pasangan Prabowo Subianto dan Sadiaga Uno dengan selisih sekitar 9-10%. Namun perlu diingat bahwa hasil Quick Count bisa berbeda dengan Real Count, jadi lebih baik kita menunggu keputusan resmi dari KPU.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Cheat PUBG MobileGame Mobil Perang Android
Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan GPSMengatasi Lupa Pasword Email

Perhitungan suara manual dari KPU akan menentukan siapa Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2019-2024. Untuk mengetahuinya kita harus bersabar, karena hasil resmi pemilu 2019 baru bisa diketahui paling lama pada 29 Mei 2019. Semoga saja yang kalah akan legowo dan mengormati hasil keputusan KPU, sehingga tidak ada keributan yang hanya akan mengganggu stabilitas Indonesia. Nah sekian informasi ponseli.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement