Cara Cek Garansi Samsung Indonesia (SEIN) & Cara Klaim

Advertisement

Cara Cek Garansi Samsung – Konsistensi Samsung dalam meluncurkan hp terbaru membuatnya tetap eksis di Indonesia, meski digempur puluhan smartphone asal China yang dibuat secara khusus untuk mengalahkan penjualan hp Samsung. Selain karena faktor tersebut, kesuksesan Samsung juga tak lepas dari layanan purna jual terbaik yang mereka tawarkan ke setiap konsumennya.

Salah satu bukti kehebatan layanan purna jual Samsung adalah didukung service center yang merata di seluruh Indonesia. Service Center menjadi hal yang sangat penting, karena akan memudahkan pengguna hp Samsung dalam mengklaim garansi dan melakukan perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Samsung selalu memberikan garansi 1 tahun penuh pada setiap smartphone yang mereka pasarkan. Masa garansi hp Samsung mulai dihitung pada saat kita membelinya, lalu selesai satu tahun kemudian. Nah apabila dalam kurun waktu 1 tahun terjadi kerusakan, maka kita bisa mengklaim garansi.

Advertisement

Tidak semua kerusakan hp Samsung bisa diklaim garansi. Ada beberapa syarat dan ketentuan garansi hp Samsung yang wajib kita ketahui. Nah untuk mengetahui syarat garansi hp Samsung silahkan simak informasi ponseli.com berikut ini.

Ketentuan Garansi Smartphone SamsungKetentuan Garansi Hp Samsung

Garansi Hp Samsung berlaku Apabila

  1. . Garansi Samsung Indonesia hanya berlaku untuk smartphone Samsung yang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Jadi untuk hp Samsung Black Market tidak akan tercover garansi Samsung Indonesia.
  2. Selama masa garansi berlaku, biaya jasa perbaikan dan pembelian suku cadang akan sepenuhnya ditanggung pihak Samsung
  3. Masa berlaku hp Samsung adalah selama 12 bulan, jadi apabila lebih dari itu maka masa garansinya sudah habis
  4. Saat mengklam garansi ke Service Center Samsung wajib membawa kartu garansi dan harus dilakukan di Service Center Samsung Resmi yang tersedia di hampir semua kota di Indonesia

Garansi Hp Samsung Tidak Berlaku Apabila

  1. Salah satu penyebab garansi hp Samsung tidak berlaku adalah apabila data yang terisi pada buku garansi tidak lengkap, seperti tidak ada nomor seri, model, ataupun IMEI. Nah untuk mengetahui IMEI Samsung silahkan simak artikel berikut “Cara Cek IMEI Samsung
  2. Informasi Nomor seri, model, IMEI produk pada buku garansi telah dihapus atau diubah
  3. Garansi hp Samsung tidak berlaku apabila kerusakan disebabkan oleh penggunaan yang tidak sesesuai dengan buku petunjuk, semisal sengaja memasukan handphone ke air ataupun menjatuhkannya secara sengaja
  4. Kerusakan karena kesalahan pengguna, seperti terjadi konsleting karena tidak menggunakan charger asli, layar pecah atau retak akibat tekanan.
  5. Garansi tidak berlaku apabila kerusakan disebabkan oleh penggunaan sehari-hari seperti salah menyimpan handphone, tergores, berkarat, terkena noda, ataupun berjamur.
  6. Terjadi kerusakan karena bencana alam atau huru-hara.
  7. Hologram/segel rusak, suku cadang diganti dengan suku cadang yang tidak asli oleh pengguna diluar yang ditentukan oleh Samsung serta telah dibuka dan/atau diperbaiki bukan oleh teknisi Samsung. 
  8. Segel atau hologram mengalami kerusakan yang disebabkan oleh penggantian suku cadang tidak asli serta perbaikan yang dilaukan oleh bukan teknisi Samsung
  9. Modifikasi software yang dilakukan pengguna, seperti menggunakan custom rom, root, dll.
  10. Masa garansi telah habis atau melebihi satu tahun

Nah itulah beberapa ketentuan garansi hp Samsung yang wajib kalian ketahui sebelum datang ke Service Center Samsung terdekat. Yah, tidak semua kerusakan bisa tercover garansi, namun apabila kerusakan karena masalah dari hp itu sendiri, maka bisa dipastikan akan tercover garansi sepenuhnya.

Cara Cek Garansi Samsung Indonesia

Apabila sobat membeli hp Samsung baru, tentu sobat akan mengetahui masa garansinya. Namun bagaimana jika membelinya dalam kondisi bekas? Nah inilah permasalahan yang sering terjadi apabila membeli hp bekas, karena kita tidak mengetahui secara pasti masa garansinya dan bisa saja tidak tercover garansi resmi Samsung.

Advertisement

Saran kami, hati-hatilah dalam membeli hp Samsung bekas. Bisa saja smartphone yang dibeli merupakan smartphone ilegal / black market, sehingga kita tidak akan mendapatkan garansi resmi Samsung Indonesia (SEIN). Nah untuk mencegah hal tersebut, silahkan simak informasi cara cek garansi Samsung SEIN berikut ini.

  1. Cek Nomor IMEI

    Cara cek garansi Samsung SEIN yang pertama adalah kita harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI-nya. Pasalnya nomor IMEI tersebut akan kita gunakan untuk mengetahui dimana handphone dibuat, sehingga kita bisa tahu apakah merupakan buatan Indonesia atau luar negeri.

  2. Kode CEK IMEI

    Ada beberapa cara cek IMEI Samsung yang sudah kami singgung di atas. Cara yang termudah adalah dengan melihat dusbook ataupun melihatnya di menu pengaturan. Selain itu, kita bisa mengeceknya melalui kode rahasia Samsung *#06# yang diakses pada menu Dial Up.Kode Cek IMEI Samsung

  3. Melihat Informasi IMEI

    Setelah melakukan pengecekan nomor IMEI, maka cara cek garansi Samsung selanjutnya adalah dengan cara melihat informasi yang ditampilkan nomor IMEI. Untuk mengetahuinya kita harus mengunjungi situs www.imei.info. Cek Garansi Samsung Indonesia

  4. Memasukan Nomor IMEI

    Silahkan sobat masukan nomor IMEI pada kolom pencarian. Kemudian akan muncul beragam informasi, seperti Model, Brand, dan nomor IMEI. Nah pada website imei.info tersedia menu Free Checks yang menyediakan fitur Check SN / Warranty / Carrier. Silahkan klik menu tersebut. Cara Cek Garansi hp Samsung

  5. Melihat Masa Garansi

    Setelah masuk ke menu Check SN / Warranty / Carrier, selanjutnya kita klik tombol CHECK SN & WARRANTY & CARRIER. Tunggu sampai proses loading selesai, kemudian akan muncul informasi mengenai region dan tanggal pembuatan. Nah informasi tersebut bisa menjadi patokan untuk mengetahui masa garansi hp Samsung yang kita miliki. Apabila tanggal pembuatannya belum sampai satu tahun dan merupakan region Indonesia, maka garansinya masih aktif. Cara Cek Garansi Samsung

  6. Hubungi Support Samsung 

    Masih ada satu cara cek garansi Samsung yang bisa kalian lakukan, yakni dengan bertanya ke Support Samsung melalui fitur Live Chat yang bisa di akses pada halaman berikut http://livechat.support.samsung.com/Customer_new/ID . Nah pada halaman tersebut, silahan bertanya soal garansi hp Samsung yang kalian miliki.
    Live Chat Samsung Indonesia

  7. Datang Ke Service Center

    Apabila masih bingung cara cek garansi Samsung, lebih baik sobat langsung datang saja ke Service Center Samsung terdekat. Kemudian tanyakan langsung ke pihak custumer service mengenai garansi hp Samsung yang kita miliki.

  8. Mengirim Email

    Satu cara lagi untuk mengetahui masa garansi hp Samsung, yakni dengan menghubungi custumer service melalui email. Silahkan kunjungi halaman berikut ini, https://www.samsung.com/id/support/email/

  9. Bertanya VIA WhatsApp

    Salah satu bukti layanan purna jual terbaik Samsung adalah memberikan menu WhatsApp Chat pada nomor 0818-02155777. Kita bisa bertanya apa saja seputar hp Samsung, termasuk masa garansi. WhatsApp Customer Service Samsung

Nah itulah cara cek garansi Samsung Indonesia yang bisa kalian lakukan untuk melihat masa garansi hp Samsung. Silahkan memilih salah satu cara cek garansi Samsung di atas. Namun yang menurut kami termudah apabila bertanya secara langsung ke Custumer Service Samsung via WhatsApp ataupun Live Chat.

Bagaimana Cara Klaim Garansi Samsung?

Setelah mengetahui masa garansi handphone yang kita miliki, lalu bagaimana cara kita mengklaim garansi dan apakah harus membayar nota atau tidak? Sobat tidak perlu membawa nota pembelian apabila ingin klaim garansi. Sobat hanya perlu datang ke service center terdekat dengan membawa handphone, dusbook dan kartu garansi.

Namun ada baiknya membawa nota pembelian, karena masa garansi akan terhitung 1 tahun dari nota pembelian. Namun apabila tidak ada nota, maka kemungkinan dihitung berdasarkan bulan pembuatan. Misalnya pembuatannya dibulan Agustus 2019, maka masa garansinya sampai Agustus 2020.

Nantinya pihak service center Samsung yang akan menentukan, apakah kerusakan tercover garansi atau tidak. Namun jangan harap tercover garansi apabila kerusakan dikarenakan human error, seperti handphone terkena air, layar pecah karena terjatuh, konsleting, dll.

Baca Juga Informasi Ponseli Lainnya
Cara Mendapatkan Pulsa GratisCara Unreg Kartu Telkomsel
Cara Download Gambar InstagramCara Memperbanyak Like Instagram

Yah, cara cek garansi Samsung memang sangat mudah. Namun yang paling penting, Samsung memberikan layanan purna jual terbaik untuk memudahkan pengguna hp Samsung melakukan klaim garansi. Cukup sekian informasi ponseli.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement

Seoarang wanita yang memiliki passion dalam menulis dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru agar tidak kudet dan selalu uptodate